Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Sualang : Honor Guru UN Tidak Masuk Akal

Staff Manado Today   |   20 April 2011 – 16:53 WITA

Honor Guru Pengawas Hanya Dihagai Rp 3.500 per-hari

Manado Today – Ketua Komisi D DPRD Manado, Dr Richard Sualang menyayangkan besaran anggaran honorarium yang diplot dari pemerintah pusat untuk para guru pengawas ujian nasional tingkat SMA/MA/SMK di Kota Manado ternyata cuma dipatok sebesar Rp 3.500 per hari.“Nilai honorarium sangat kecil dan tidak masuk di akal,” ujarnya.

Bahkan ketua DPC PDI Perjuangan ini menilai jumlah tersebut sebagai bentuk penghinaan terhadap para pahlawan tanpa tanda jasa.

“Ini merupakan bentuk pelecehan sekaligus penghinaan terhadap profesi guru, khususnya yang ditugaskan untuk mengawas pelaksanaan ujian nasional. Mereka hanya diberikan honor Rp 3.500 per hari. Hal ini sangat-sangat disayangkan,” keluh Sualang.

Senada dikatakan Liputo, informasi ini sendiri menurut mereka didapat saat Komisi D DPRD Manado melakukan pemantauan di beberapa sekolah penyelenggara ujian nasional.

“Guru-guru pengawas mengeluhkan hal ini. Dan memang kami akui penghargaan yang diberikan untuk mereka sangat tidak layak,” tandas Liputo sembari mengatakan selayaknya honor yang diberikan untuk guru-guru pengawas adalah sebesar Rp 15-20 ribu per hari. “Toh jumlah mereka tidak terlalu banyak”.

Di satu sisi, baik Sualang mau pun Liputo tidak serta merta menyalahkan Dinas Pendidikan sebagai instansi teknis terkait. Karena honorarium untuk guru pengawas diakui mereka anggarannya dari pemerintah pusat.

“Namun sedikit kami sayangkan, saat pembahasan RAPBD 2011, Diknas Manado menyatakan sudah tidak ada masalah lagi soal pelaksanaan ujian. Tapi nyatanya begini,” tutur mereka.

Terkait masalah ini, Komisi D akan melakukan koordinasi dengan Dinas Diknas Manado untuk mencari solusi terbaik, agar para guru pengawas tidak merasa dilecehkan dengan honorarium sekecil itu.

“Bisa saja honornya dinaikkan dan dananya diambil dari APBD. Tapi itu pun kalau memang anggarannya ada. Dan kalau ada, bisa ditata dalam APBD perubahan nanti,” tukas Sualang dan Liputo.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading