Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Sualang Sumbang Ide Penanganan AIDS

Staff Manado Today   |   12 Agustus 2011 – 17:43 WITA

Manado Today – Pemerintah Kota Manado, harus melakukan langkah penanganan secara persuasif, tanpa mengesampingkan faktor pencegahan dengan cara edukasi mengingat kasus AIDS terus meningkat. Hal ini disampaikan ketua komisi D DPRD Kota Manado dr Richard Sualang.

“Saya malah melihat data yang ada itu ibarat gunung es. Yang tampak hanya permukaannya saja. Artinya, bukan tidak mungkin jumlah penderita lebih banyak dari data yang didapat di lapangan,” kata Icad, sapaan akrab Ketua DPC PDIP Manado ini.

Untuk itu, Icad mengatakan, upaya yang paling tepat dilakukan pemerintah dalam rangka penanganan kasus AIDS, adalah dilakukan dengan cara komperehensif. Tapi juga aspek penanganan lewat edukasi, terutama bagi pelajar di sekolah, sangat penting. “Bagi saya, sekolah harus memberikan pemahaman serta sosialisasi yang maksimal terhadap bahaya AIDS kepada para pelajar,” ungkap politisi PDIP tersebut.

Di satu sisi, Icad menambahkan program yang dilakukan pemerintah lewat terobosan membagi-bagikan kondom secara gratis, telah membuktikan bila pemerintah sangat respons untuk mencegah peningkatan kasus ini.

“Saya tidak melihat pembagian kondom secara gratis ini merupakan sebuah praktik yang menjurus ke arah melegalkan prostitusi, tapi saya melihat dari sisi manfaatnya untuk penanggulangan kasus AIDS yang semakin menghawatirkan,” tukas putra mantan Wagub Sulut, Freddy Sualang itu.

Diketahui, selang tahun 2010 hingga periode 2011 ini, jumlah warga yang mengidap penyakit mematikan itu di Manado tercatat sebanyak 356 orang atau mengalami peningkatan 75 penderita dari jumlah sebelumnya sebanyak 281 kasus. Free sex dan penggunaan jarum suntik secara bergantian oleh pemakai narkoba (putaw), mendominasi lajunya peningkatan kasus ini.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading