Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Sualang: Waspadai KTP dan Akta Kelahiran Gratis

Redaksi Manado Today   |   24 Juli 2010 – 14:48 WITA

Manado,Today – Pembuatan KTP dan Akta Kelahiran Gratis yang ditawarkan oknum calon yang maju ke Pilwako Manado harus diwaspadai. Hal tersebut dipastikan hanya merupakan akal-akalan dari para calon kepala daerah.

Ini disampaikan Ketua komisi D bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD kota Manado, Richard Sualang ketika temu muka dengan warga kelurahan Buha dan Kairagi Satu serta Dua.
Menurut Sualang yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan kota Manado ini, akhir-akhir ini banyak calon kepala daerah yang turun ketengah warga menawarkan pembuatan KTP maupun Akta Kelahiran secara gratis. 
Para kandidat berupaya menarik simpati warga lewat program tersebut, dan berharap dapat meraup suara pada pemilukada kali ini. “KTP dan Akta Kelahiran itu pada dasarnya dibuat dari uang rakyat. Uang tersebut ditarik pemerintah lewat retribusi maupun pajak-pajak yang dibebankan kepada rakyat. Oleh karenanya sudah selayaknya pembuatan KTP dan Akta Kelahiran itu tidak dipungut biaya”, ungkap Sualang kepada portal berita manadotoday.com Sabtu (24/07/2010) sekitar pukul 13 malalui via ponsel.
Tawaran seperti itu akan berimplikasi buruk kepada masyarakat. “Ini merupakan bentuk pembodohan,” tegas Sualang. Untuk itu Sualang meminta kepada seluruh warga kota Manado untuk tidak terbuai terhadap setiap tawaran yang disampikan kandidat, dan masyarat harus lebih bijak dalam menanggapi tawaran seperti itu.
Dia juga menyinggung adanya kandidat yang melakukan intervensi lewat jalur infrastruktur birokrasi pemerintah, seperti Lurah dan pala. Padahal ini jelas sudah sangat melenceng dari tugas sebagai lurah dan pala, dan telah menyalahi karena lurah dan pala seyogianya bersikap netral dalam setiap hajatan demokrasi.(aldi)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading