Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Sulut Bakal Miliki 56 Wirausahawan Baru

Staff Manado Today   |   29 Juli 2011 – 21:43 WITA

Manado Today – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) bertarget menciptakan 56 wirausaha baru pada tahun 2011.

“Guna mencapai target tersebut maka akan dilakukan pelatihan kepada para lulusan mulai sekolah menengah atas (SMA) hingga perguruan tinggi yang punya keahlian, tetapi masih menganggur,” kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah (FPIKM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Nico Rambitan, di Manado.

Nico mengatakan, pelatihan dan pembekalan guna menciptakan entrepreneurship tersebut melalui anggaran dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

“Saat ini, sebanyak 20 lulusan sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi bidang informasi teknologi sedang dibekali dengan harapan ada diantaranya jadi wirausaha bidang tersebut,” kata Nico.

Penciptaan wirausaha baru, kata Nico, merupakan salah satu kebijakan pemerintah guna mendorong sektor riil di kawasan timur Indonesia mampu berkembang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Para lulusan yang punya keahlian khusus didorong agar mampu menjadi pelaku usaha profesional, tidak hanya berharap menjadi pekerja ataupun pegawai negeri sipil (PNS),” kata Nico.

Indonesia, kata Nico, mempunyai sumber daya manusia yang cukup banyak dengan tingkat keahlian yang berpotensi dikembangkan menjadi industri kecil menengah yang profesional.

Berdasarkan rencana Kemenperin, kata Nico, untuk tahun 2011 di kawasan Indonesia Timur ditargetkan tercipta 600 wirausaha baru dari berbagai sektor kegiatan produktif yang ada di masyarakat.

“Sekitar 10 persen diantaranya dapat tercipta dari Sulut, karena itu pemerintah daerah akan terus mendata lulusan yang punya keahlian tetapi belum punya pekerjaan untuk diberdayakan menjadi wirausaha baru,” kata Nico.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading