Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sulut Bertekad jadi Daerah Pengekspor Kentang

Tonny Sumakul   |   8 Desember 2011 – 18:31 WITA

Manado, MTC – Pemprov Sulut bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Manado, bertekad akan menjadikan daerah ini sebagai peng ekspor kentang di tahun 2015 mendatang. Hal itu terungkap dalam rakor antara Pemprov Sulut, dan BI Manado, yang dilaksanakan, Kamis (8/12/2011).
Menurut Sekprov Ir. Siswa Rachmat Mokodongan, salah satu usaha yang dilakukan Pemprov Sulut, yakni akan terus mengembangkan klaster kentang, yang berada di Modoinding (Minahasa Selatan), Modayag (Bolaang Mongondow Timur), dan Passi (Bolaang Mongondow).
“Klaster kentang ini harus diawali dengan mencari solusi yang tepat, terkait bagaimana menghasilkan produk kentang yang benar-benar berkualitas. Supaya kedepan kentang asal Sulut mampu bersaing di sektor ekspor mendatang,” tukasnya.
Lanjutnya menyampaikan, upaya Pemprov Sulut juga, selain membekali para petani terkait langkah yang akan ditempuh, akan juga dilakukan sentuhan teknologi, sehingga bisa mencapai kualitas grate satu dengan ukuran yang lebih besar, supaya kedepan bisa laku di pasar internasional.
“Target juga lainnya yakni meningkatkan produksi kentang yang saat ini masih sekitar 20 ton per hektar, menjadi 30 ton per hektar,” ungkapnya.
Ditambahkannya lagi, kalster kentang ini juga, akan memfasilitasi kelompok usaha atau industri yang saling melengkapi, bersaing dan saling tergantung dalam upaya meningkatkan daya saing kelompok usaha.
Hadir dalam pertemuan itu, diantaranya Pemimpin BI Manado Dr. Ramlan Ginting, Peneliti Ekonomi BI Eko Siswantoro, Analis Muda BI Dicky Kolanos,Kadis Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sulut Johanis Panalewen dan Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sulut Dr. Adri Manengkey. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading