Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sulut Butuh Enam Unit Sirine Tsunami

Redaksi Manado Today   |   24 Februari 2011 – 23:51 WITA

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) idealnya memiliki enam unit sirine tsunami, guna dipasang dibeberapa titik lokasi yang dijangkau penuh masyarakat, namun pengadaan baru dua unit dulu.

“Memang untuk tahun 2011 ini baru dua unit sirine tsunami yang diadakan, dan diharapkan bisa ditambah sesuai tingkat kebutuhan pada tahun-tahun mendatang,” kata Wakil Gubernur Sulut Djauhari Kansil, saat meluncurkan sirine Tsunami bantuan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Manado, Kamis.

“Masyarakat di kota Manado dan Bitung untuk saat ini tidak perlu khawatir dengan ancaman bencana tsunami, pasalnya dua kota tersebut saat telah memiliki sirine penanda peringatan dini bencana tsunami,” katanya.

Sementara untuk daerah lainnya akan menyusul pengadaannya, karena memang kondisi geografis Sulut yang paling besar memiliki pulau dan daerah maritim. “Saya berharap pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dapat menambah sirine penanda tsunami ini menjadi enam unit seiring dengan luasnya wilayah laut,” katanya.

Khusus untuk daerah Sulut, termasuk beberapa kabupaten kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud, karena daerah tersebut rawan bencana seperti gempa bumi tektonik juga. Wagub juga menambahkan bahwa sirine ini nantinya akan dibunyikan secara rutin setiap bulan pada tanggal 26 pukul 10.00 wita, selama satu menit dengan tetap didahului pernyataan uji coba agar diketahui masyarakat dan tidak membuat panik.

Dipilihnya tanggal 26 setiap bulan pada uji coba itu, merujuk pada peristiwa gempa dan gelombang tsunami di Provinsi Nangroe Aceh Darusalam dan beberapa daerah sekitarnya pada waktu lalu.

Turut hadir pada peluncuran sirine tsunami itu, Kepala Pusat Seismologi Teknik Geopotensial dan Tanda Waktu Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika pusat Dr Suhardjono Dip Seis. (bam/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading