Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sulut Canangkan Mapalus Kamtibmas

Tonny Sumakul   |   15 Februari 2012 – 11:45 WITA
Mapalus Kantibmas

Pencanangan Mapalus Kantibmas oleh Wakapolri dan Gubernur Sulut

Manado (manadotoday.com) – Dalam rangka upaya pemerintah meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencanangkan Mapalus Kamtibmas.
Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Mapalus, kantor gubernur Sulut, Rabu (15/2), dihadiri seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Selain itu, Tripika Kecamatan yakni Camat, Kapolsek, Danramil, serta para Lurah/Kepala Desa yang akan di daerah ini.
Hadir juga pada kesempatan tersebut, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Nanan Sukarna, serta beberapa perwira tinggi Polri.
Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sulut Brigjen Pol Carlo Tewu dalam sambuatnnya, menyampaikan, bahwa Mapalus Kamtibmas ini, merupakan terobosan dari program Polda Sulut, Korem 131 Santiago Manado, sebagai tindak lanjut atas petunjuk Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kapolri, dalam rapat pimpinan TNI/Polri tingkat nasional beberap waktu lalu.
“Mapalus Kamtibmas ini, untuk mendeteksi potensi bencana mulai dari tingkat yang paling bawah, seperti bencana alam, bencana non alam, bencana social, yang dinilai berpotensi menimbulkan masalah kamtibmas,” kata Kapolda.
Lanjutnya menyampaikan, dalam program Mapalus Kantibmas juga, akan dilakukan pencegahan dan pembinaan, supaya potensi gangguan kamtibmas dapat diredam, guna menghindari permasalahan yang lebih besar.
Sementara itu, Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) pada kesempatan itu, memberikan apresiasi untuk program Mapalus Kantibmas, guna peningkatan koordinasi dalam menjaga kearifan local.
“Ini juga untuk mencegah gangguan keamanan, yang bisa mempengaruhi lingkungan strategis dan lingkungan global,” tandas Sarundajang.
Selanjutnya, Wakapolri Nanan Sukarna, dalam sambutannya, mengingatkan agar program untuk dapat sejalan dengan program tahun peningkatan kinerja yang terus digulirkan pimpinan Polri.
“Aparat Polisi sebagai konsultan, pelindung, pengayom, dan juga penegak hukum. Saya harap seluruh anggota Polri dapat mendukung dan menjalankan program Mapalus Kantibmas di Sulawesi Utara ini dengan baik,” kata Wakapolri.
Pada kesempatan itu, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Mapalus Kantibmas, dengan seluruh Kabupaten/Kota di Sulut. Penandatanganan MoU itu, dilakukan secara simbolis oleh Walikota Tomohon Jimmy Eman, Kapolres dan Dandim Tomohon, yang selanjutnya akan diikuti seluruh Kabupaten/Kota di Sulut.
Dalam pencanangan Mapalus Kantibmas itu, Wakapolri Nanan Sukarna dan Gubernur Sarundajang, menekan tombol sirene sebagai tanda program tersebut resmi dimulai di wilayah Nyiur Melambai ini.
Di akhir kegiatan lagi, Wakapolri menyerahkan bantuan Kendaraan Kamtibmas kepada Poltabes Manado, Polres Tomohon, Polres Bitung, Polres Minsel, Polres Minut dan Polres Bolmong. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading