Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Politik

Sulut Desak Pusat Serahkan Kewenangan Perizinan Penyiaran ke KPID

Redaksi Manado Today   |   22 Februari 2011 – 09:36 WITA

Manado Today – Komitmen Komisi I DPRD Sulut dalam meneggakkan komitmen terhadap pelaksanaan Otonomi Daerah (Otda), diwujudkan dengan terjadinya kesepakatan dengan pihak DPRD Provinsi Bali, saat melakukan kunjungan kerja ke provinsi yang terkenal dengan Pariwisata ini, pekan lalu.

Tonny Kaunang

Menurut salah satu personil Komisi I Deprov Sulut Tonny Kaunang pada manadotoday kesepakatan ini, berwujud terhadap terhadap pola perizinan jaringan penyiaran yang ada di tiap daerah yang didesak harus diserahkan kepada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) yang dibentuk pada tiap daerah di seluruh Indonesia.

“Kami sepakat akan mengusulkan kepada pemerintah pusat mengenai proses perizinan terhadap lembaga jaringan penyiaran yang beraktifitas di daerah, agar diserahkan ke masing-masing daerah yang telah memiliki KPID dan ini salah satu peneggakkan sistem otonomi daerah di Indonesia,” kata Kaunang.

Selanjutnya Kaunang mengatakan, proses seleksi serta penentuan layak atau tidaknya sebuah lembaga penyiaran beroperasi di daerah, itu ditentukan lewat proses di KPID. Sehingga selayaknya KPID diberikan kewenangan untuk mengeluarkan izin, sehingga daerah memiliki sumber pendapatan baru melalui retribusi izin penyiaran.

“Seluruh pembiayaan KPID ditanggung pemerintah daerah, sehingga sangat wajar jika proses perizinan dilaksanakan di daerah dan memberikan kontribusi nyata untuk daerah. Jika ada pembagian alokasi maka 75 persen untuk daerah dan 25 persen untuk pusat adalah hal yang masuk akal,” tegas politisi Golkar Tomohon ini. (jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading