Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Sulut Ekspor Enam Jenis Komoditi Ikan ke Jepang

Staff Manado Today   |   19 Juni 2011 – 22:15 WITA

Manado Today – Sulawesi Utara (Sulut) hingga Mei 2011, mengekspor enam jenis komoditi perikanan ke negara Jepang, dengan perolehan devisa setiap bulannya berkisar dua juta dolar Amerika.

Keenam jenis komoditi ikan Sulut yang berhasil memasuki pasar negeri Sakura tahun ini yakni ikan kaleng, ikan kayu, frozen yellowfin tuna loin, fish meal dan fresh yellowfin loin.

Menurut Hanny Wajong, Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulut. Ekspor keenam jenis produk ikan Sulut tersebut, menghasilkan devisa sebesar 9,85 juta dolar Amerika, dengan jenis ikan kayu sebagai penyumbang raihan devisa terbesar.

Hanny juga mengatakan dengan raihan devisa sebesar 9,85 juta dolar Amerika, menempatkan Jepang pada urutan lima besar negara tujuan ekspor Sulawesi Utara, dengan pangsa pasar 3,06 persen, atau satu tingkat dibawah Korea Selatan dengan 16,28 persen.

“Cukup menggembirakan melihat masuknya Jepang sebagai salah satu negara tujuan ekspor Sulut, ditengah kondisi negara tersebut yang sementara berbenah akibat dihantam bencana gempa bumi dan tsunami,” ujarnya sambil menambahkan bahwa pihaknya semula sempat khawatir bencana gempa dan tsunami berdampak penurunan pengiriman ekspor ke negara tersebut.

Komoditas perikanan Sulut salah satu andalan di pasar nehara tersebut, tutur salah satu pelaku usaha yang sering melakukan ekspor ke negara Jepang, Servie Killis.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekspor Impor Disperindag Sulut Son Sangadi mengatakan, kelima besar negara tujuan ekspor Sulawesi Utara, berdasarkan surat keterangan asal (SKA), yang berada di urutan teratas adalah Belanda dengan pangsa pasar 26,94 persen, kemudian disusul Amerika Serikat 23,06 persen, China 21,87 persen, diikuti Korea Selatan dan Jepang pada posisi kelima. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading