Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Sulut Ekspor Pala ke Belanda dan Amerika Serikat

Staff Manado Today   |   22 Juni 2011 – 15:54 WITA

Manado Today – Pada minggu ketiga Juni 2011, Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor 62 ton pala ke Belanda dan Amerika Serikat dengan devisa sebesar 415.000 dolar Amerika.

Menurut Sanny Parengkuan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, dari 62 ton pala yang diekspor paling banyak ke negeri Paman Sam yakni 48 ton dengan nilai 307.200 dolar AS, sedangkan belanda hanya 14 ton dengan nilai 108.000 dolar AS.

“Dalam waktu satu-dua tahun belakangan ini, permintaan AS mulai menunjukan peningkatan, sedangkan belanda sudah lama menjadi pengimpor, sejak pala menjadi komoditas unggulan daerah ini,” ujar Parengkuan sambil menambahkan bahwa pasar AS termasuk pasar baru untuk komoditas pala Sulut selain Belanda.

Perbedaannya adalah, permintan pasar AS lebih banyak memenuhi kebutuhan dalam negerinya, sedangkan Belanda sebagian dipasok untuk memenuhi permintaan konsumen Eropa.

“Rotterdam merupakan salah satu pelabuhan utama di Eropa, sebagian komoditas yang masuk ke Belanda hanya singgah sementara, sebelum ke pembeli sebenarnnya di berbagai negara di kawasan Eropa,” ungkap Parengkuan.

Sulawesi Utara merupakan pemasok komoditi Pala terbesar bagi pasar dunia saat ini, dengan jenis yang diekspor berupa  bahan baku dalam bentuk biji pala dan bunganya atau ‘fuli’. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading