Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sulut Gelar Rakor dan Sinkronisasi PNPM Mandiri Perdesaan 2012

Tonny Sumakul   |   21 Februari 2012 – 18:31 WITA
PNPM Mandiri Pedesaan Sulut

Rakor dan sinkronisasi PNPM Mandiri Pedesaan Sulut tahun 2012

Manado (manadotoday.com) – Dalam rangka pemantapan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, jajaran pemerintahan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (21/2), menggelar rapat koordinasi (rakor) dan sinkronisasi PNPM Mandiri Pedesaan, yang dilaksanakan di Manado Convention Center (MCC).
Menurut Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil Mpd, saat membuka kegiatan itu, mengatakan bahwa di tahun-tahun sebelumnya, program PNPM di Sulut dapat dikatakan berhasil, melihat kolektibilitas partisipasi masyarakat. Selain itu, kegiatan PNPM tersebut juga, mampu menyediakan lapangan kerja, peningkatan pendapatan kelompok masyarakat, peningkatan kualitas SDM pedesaan.
“Lewat hasil itu, diharapkan untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan,guna membangkitkan visi pembangunan daearah Sulut kedepan,” kata Kansil, seraya mengajak agar pelaku PNPM Mandiri Pedesaan, untuk terus berkomitmen dalam menunjukan kinerja, terkait pembangunan ekonomi makro.
Lanjut Kansil mengatakan, contoh untuk keberhasilan program PNPM mandiri pedesaan itu, salah satunya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulut, sebesar 7,29 persen, menekan inflasi sebesar 0,96 persen, menekan angka pengangguran 9,19 persen, serta menekan angka kemiskinan yang saat ini hanya 8,51 persen.
“Program ini diharapkan untuk tak disalah gunakan, demi kemajuan Sulawesi Utara kedepan,” tandas Kansil.
Ia menambahkan, melihat besarnya sumbangsi PNPM Mandiri dalam gerak pembangunan, perlu juga komitmen pemerintah di Kabupaten/Kota, agar tetap konsisten mengalokasikan Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB), melalui APBD di masing-masing daerah.
“Pendampingan, pembinaan dan pengawasan, harus juga kita terus pelihara, dalam pelaksanaan program PNPM itu,”pungkasnya.
Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Sulut, Dr. Drh F. D. Rotinsulu, mengatakan bahwa pelaksanaan rakor tersebut diikuti 800 orang dari seluruh pemerintah daerah di Sulut,
Sementara menjadi nara sumber rakor tersebut, adalah Direktur Kelembagaan dan Pelatihan Masyarakat, Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Drs. Kun Wildan Mba, Deputi Penanggulangan Kemiskinan Kementrian Koordinator Kesejahtaraan (Kemenkokesra) Hadi Santoso, dan perwakilan Bank Dunia Sentot Surya Satria, serta perwakilan Bappenas, Agus Masyur. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading