Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Sulut Intensifkan Ekspor Komoditi ke Eropa

Redaksi Manado Today   |   18 April 2011 – 20:41 WITA

Manado Today – Provinsi Sulawesi Utara akan mengintensifkan perluasan pasar ekspor ke negara-negara Eropa pada 2011, karena ternyata komoditas unggulan daerah ini banyak dibutuhkan masyarakat di kawasan itu.
“Sebagian besar komoditas ekspor Sulut merupakan produk pangan masyarakat Eropa, selain faktor tersebut, ekonomi masyarakat Eropa yang cukup baik menjadi faktor yang menentukan lainnya, sehingga Sulut membidik ekspansi pasar Eropa,” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Hanny Wajong di Manado, Senin.
Hanny mengatakan kehadiran berbagai komoditas unggulan Sulut pada Pasar Malam Indonesia di Den Haag Belanda tanggal 1 hingga 7 April 2011 merupakan awal promosi Sulut ke berbagai negara Eropa.
“Berbagai negara di kawasan Eropa menaruh minat besar terhadap kekayaan alam Sulut dalam promosi di Belanda tersebut, baik produk perkebunan, pertanian maupun perikanan dan industri kecil menjadi incaran pasar,” katanya.
Pasar Belanda, kata dia merupakan salah satu pusat perdagangan untuk masuk pasar Eropa, karena itu optimistis kehadiran di negara tersebut akan memicu pasar komoditas unggulan Sulut berkembang lebih luas dan mampu menjangkau lebih banyak negara.
Komoditas pangan Sulut yang sebelumnya banyak masuk ke pasaran Eropa di antaranya minyak kelapa kasar (crude coconut oil), tercatat mendominasi ekspor ke kawasan tersebut dari tahun ke tahun, pala dan produk perikanan.
“Produk perkebunan seperti pala, cengkih, vanili dan lainnya ternyata merupakan komoditas untuk diolah menjadi bumbu-bumbuan yang saat ini semakin berkembang di kawasan negara maju khususnya Eropa, karena itu, Sulut akan mendorong peningkatan produksi agar mampu memenuhi permintaan pasar,” katanya.
Khusus cengkih, kata dia mulai berkembang akhir-akhir ini menjadi produk bumbu yang berkualitas, dan ini menjadi salah satu sasaran untuk dipromosikan lebih luas ke berbagai negara.
Diharapkan, kata Hanny, pasar komoditas unggulan Sulut bukan hanya langsung ke Belanda saja, tetapi juga mampu menjangkau ke negara lain dalam besaran yang lebih seimbang.
“Kalau selama ini dominasi lebih banyak ke pasar Belanda, mulai tahun ini berharap lebih meluas ke berbagai negara di kawasan Eropa khususnya Eropa Tengah dan Timur,” katanya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading