Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Sulut Pacu Revitalisasi Industri Kecil Menengah

Redaksi Manado Today   |   21 April 2011 – 23:11 WITA

Manado Today – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memacu revitalisasi industri kecil menengah (IKM) dalam upaya meningkatkan peran usaha kecil ini dalam perekonomian daerah.
“Peran IKM dalam pembentukan produk domestik regional bruto (PDRB) masih sangat kecil padahal jumlah mereka sangat besar,” kata Kepala Bidang Fasilitasi dan Pengembangan IKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Nico Rambitan di Manado, Kamis.
Nico mengatakan, jumlah usaha besar di Sulut hanya bisa dihitung dengan jari, tetapi memberi kontribusi yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah ini, sebaliknya IKM hanya besar dalam hal jumlah tetapi perannya justeru belum terlihat.
“Pemerintah daerah ingin menyeimbangkan jumlah dengan hasil riil, karena itu kita mendorong dengan merevitalisasi ulang komposisi IKM,” kata Nico.
Program revitalisasi ini, kata Nico terkait juga dengan program penumbuhan industri kecil diantaranya menciptakan wirausaha baru yang tangguh di tengah kondisi persaingan usaha yang makin ketat saat ini.
“Dengan jumlah penduduk yang lebih dari 2 juta jiwa, maka daerah ini memiliki sumber daya manusia cukup besar dikembangkan menjadi wirausaha baru,” kata Nico.
Di Sulut terdapat lebih 40 ribu IKM, dari jumlah tersebut yang masuk kategori formal karena dilengkapi perijinan hanya sekitar 4000, selebihnya berusaha tidak menentu dengan hasil yang tidak stabil.
“Disperindag ingin memberdayakan pelaku usaha baik yang formal maupun tidak formal sehingga mampu meningkatkan kualitas mereka dalam menghasilkan pendapatan,” kata Nico.
Pemberdayaan IKM, kata Nico juga terkait dengan peran perbankan, karena itu meminta bank yang beroperasi di daerah ini mau menyalurkan dana guna mengatasi permasalahan modal yang sering menghantui IKM.
“Banyak IKM terkendala dari sisi permodalan, dan perbankan dapat menjadi sandaran pengembangan usaha, untuk itu supaya membuka kran kredit lebih terbuka kepada IKM,” kata Nico. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading