Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Sulut Targetkan Jadi Lumbung Pangan Indonesia Timur

Staff Manado Today   |   6 Juni 2011 – 21:34 WITA

Manado Today – Provinsi Sulawesi Utara menargetkan dapat menjadi lumbung pangan di Indonesia bagian timur dalam jangka panjang.

“Target jangka panjang, artinya beberapa tahun ke depan, daerah ini diharapkan dapat menjadi pusat ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat termasuk beras seluruh provinsi di Indonesia bagian timur,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Goan Palenewen di Manado, Senin.

Untuk mencapai target sebagai daerah lumbung pangan di Indonesia timur, kata Palenewen, pemerintah provinsi menetapkan pembangunan pertanian sebagai salah satu program prioritas.

Untuk mencapai sasaran Sulut sebagai lumbung pangan di Indonesia timur, kata Palenewen, pada tahap pertama provinsi ini ingin mengejar target swasembada beras terlebih dulu.

“Pemerintah daerah dalam rencana jangka pendek dan menengah sudah menetapkan pada 2012 Sulut bisa mencapai swasembada beras,” kata Palenewen.

Target mencapai swasembada beras, kata Palenewen, optimistis mampu tercapai melihat perkembangan produksi beras daerah ini yang terus menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun.

“Perkembangan produksi padi Sulut sejak 2005 hingga 2010 cukup menggembirakan karena mampu mencapai pertumbuhan rata-rata sebesar 8,26 persen,” kata Palenewen.

Atas kenaikan produksi di atas lima persen per tahun dalam tiga tahun berturut-turut, pemerintah pusat memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulut Sinyo H Sarundajang berbentuk penghargaan ketahanan pangan dari Presiden RI.

Palenewen mengatakan, Sulut sudah ditetapkan sebagai salah satu pusat kawasan ekonomi Indonesia untuk klaster pengembangan produksi pangan di wilayah Sulawesi.

“Penetapan ini disambut positif dengan semakin mengoptimalkan perhatian terhadap sektor pertanian masyarakat,” kata Palenewen. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading