Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Sulut Tidak Pernah Kirim TKI ke Timur Tengah

Redaksi Manado Today   |   25 Februari 2011 – 06:45 WITA

Manado Today – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tidak pernah mengirimkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke negara-negara konflik di Timur Tengah (Timteng) seperti Mesir, Libya, Bahrain, Yaman dan Tunisia. “Walaupun pemerintah daerah tidak pernah mengirimkan TKI ke negara-negara yang lagi bergejolak itu, tetapi terus memantau jangan sampai ada yang melalui jalur lain,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulut Boyke Rompas di Manado. Menurutnya, pengiriman TKI secara legal banyak dilakukan ke negara-negara di Asia Tenggara, Asia Timur hingga Eropa dan Amerika Serikat. “Memang Sulut jarang mengikuti program pengiriman ke Timur Tengah, karena mungkin masyarakat kita yang tidak berminat bekerja di sana,” ungkapnya. Sebelumnya dilaporkan ada satu warga Sulut berada di Mesir, yang sedang menempuh pendidikan namun sudah kembali ke Sulut dalam keadaan selamat. Menurut Rompas, sebelum mengirim TKI ke luar negeri, pihaknya selalu melakukan pelatihan bagi calon-calon TKI, guna mengantisipasi dampak buruk yang mungkin terjadi. Kemudian kelengkapan dokumen administrasi serta melalui atau memanfaatkan perusahaan pengerah tenaga kerja juga harus jelas, dengan mengedepankan kualitas dan kompetensi bagi calon TKI. Anggota DPRD Sulut Benny Ramdhani mengatakan, walaupun tidak ada program pengiriman TKI ke negara-negara yang bergejolak di Timur Tengah, namun harus terus dilakukan komunikasi. “Yang harus diantisipasi jangan sampai ada warga Sulut pergi melalui jalur pengiriman lain di luar Sulut, apalagi banyak yang menempuh studi di negara-negara di Timur Tengah,” ungkapnya.(ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading