Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Sumampow : Dukun Beranak Pro Aktif Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Aldy Monareh   |   18 Desember 2011 – 10:35 WITA

Bitung, MTC – Penurunan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan di Kota Bitung, yang setiap tahun terus menunjukan perbaikan, ternyata tidak terlepas dari andil para dukun beranak yang banyak membantu ibu hamil saat proses persalinan.
”Disamping pendampingan pra melahirkan, kesadaran Ibu Hamil melakukan pemeriksaan kesehatan serta sosialisasi yang intens dilakukan Dinas Kesehatan di Puskesmas dan Poskesdes, dukun beranak punya andil besar menekan angka kematian Ibu dan anak saat melahirkan, di Kota Bitung, ” terang Kabid Pelayanan Masyarakat Dinkes Kota Bitung, dr Tommy Sumampow.
Lanjut dikatakan, Dinas Kesehatan Kota Bitung dalam beberapa tahun terkahir ini terus melakukan pendampingan dan koordinasi antara bidan dan dukun beranak melayani Ibu hamil dalam proses persalinan agar sesuai standart Kesehatan.
”Mereka (dukun beranak, red) sangat kooperarif dan mau bekerjasama dengan para bidan yang merupkan tanaga Kesehatan Dinas Kesehatan. Dan pendampingan antara bidan dan dukun beranak akan terus dilakukan, ” ujar Sumampow.
Seperti diketahui di Kota Bitung, selang tahun 2011 ini, kasus kematian Ibu dan anak saat melahirkan ada 3 kasus, lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2010 lalu yang mencapai 9 kasus. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading