Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Supit : Perda BPHTB Telah Masuk Lembaran Negara

Redaksi Manado Today   |   4 April 2011 – 11:00 WITA

Manado Today – Setelah ditetapkan DPRD Manado pada 31 Desember 2010 lalu, Peraturan Daerah (Perda) tentang Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) ternyata telah masuk dalam lembar negara. Alhasil, penegasan Kabag Hukum dan Perundang-undangan Pemkot Manado Donald Supit SH menepis polemik akhir-akhir ini bahwa perda BPHTB belum masuk lembaran Negara.

“Perda BPHTB merupakan perda nomor 1 tahun 2011, tertanggal 23 Februari tahun 2011 dan telah ditanda tangani walikota,”ujar Supit kepada manadotoday.

Lanjut dikatakan Supit, Perda tersebut telah dikonsultasikan ke Pemprov Sulut, dan telah diteruskan ke Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) dan Kementrian Keuangan.

“Perda BPHTB telah kita konsultasikan hingga kementrian Mendagri dan Keuangan. Perda efektif sejak tanggal ditetapkan,”tandasnya.

Disinggung terkait peraturan walikota (Perwako) sebagaimana penjabaran perda tersebut, Supit menyatakan sudah ada. Hanya saja, hal itu ditangani dinas terkait yakni Dispenda.

“Perwako sudah ada, namun alangkah baiknya dikonfirmasi langsung ke Kadis Penda karena teknisnya disana,”tukas Supit.

Sayangnya, Kadis Penda Drs Cosmos Wongkar yang hendak dikonfirmasi sulit untuk ditemui. Bahkan bukan hanya sekali wartawan bertandang ke kantornya, tak bisa diwawacarai dengan alasan sibuk.

Diketahui BPHTB sebelumnya, dikelola oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Keuangan yakni Direktorat Jenderal Pajak. Namun terhitung sejak 1 Januari 2011, pengelolaannya sudah diserahkan ke daerah. Pelak saja, BPHTB sangat membantu Pemkot Manado, sejumlah pembiayaan yang ditata dalam APBD seperti halnya TTP PNS, Isentiv kepala lingkungan Rp2 juta perbulan dan tokoh agama Rp500 ribu perbulan. (ald)

Dikirim melalui Facebook Seluler

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading