Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Suplay Listrik PLTA Terancam Populasi Eceng Gondok

Staff Manado Today   |   4 Agustus 2011 – 12:16 WITA

Manado Today – Tanaman liar enceng gondok yang mulai menyebar sepanjang dua hingga tiga kilometer di hulu sungai Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) mengancam operasional tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) milik PLN.

“Enceng gondok yang semakin menyebar menyebabkan debit air terus berkurang, sehingga mengganggu perputaran turbin di PLTA Tonsea Lama, Tanggari I dan II,” kata Deputi Manager Komunikasi dan Hukum PT PLN Wilayah Suluttenggo, Lefrand Maleke di Manado.

Lefrand mengatakan, akibat terganggunya turbin ketiga PLTA, maka kapasitas listrik yang dihasilkan tidak maksimal dan ini berpotensi mengurangi daya mampu listrik PLN.

“Tanaman yang tumbuh liar tersebut agar segera dibersihkan bukan hanya di danau Tondano tetapi juga hulu sungai, karena bila dibiarkan maka tanaman tersebut akan lebih menyebar dan bukan tidak mungkin mencapai kawasan PLTA,” kata Lefrand.

Kapasitas listrik PLTA sangat bergantung pada debit air yang mengalir di sungai tersebut. Karena itu pemerintah daerah dalam hal ini Kabupaten Minahasa, harus memberi perhatian serius terhadap upaya pembersihan enceng gondok.

Tiga PLTA yang mendapat aliran air sungai Tondano, saat ini menjadi pemasok listrik utama bagi masyarakat Sulut.

Humas Pemkab Kabupaten Minahasa, Vecky Tanor mengatakan, terus berupaya membersihkan enceng gondok melalui program pemberdayaan masyarakat dan padat karya.

“Kami membayar tenaga kerja bersumber dari dana APBD kepada pekerja pembersih enceng gondok di danau Tondano, namun ini tidak cukup memberantas enceng gondok yang cepat sekali menyebar bahkan mulai meluas di hulu sungai Tondano,” kata Vicky.

Pemerintah Kabupaten Minahasa berharap ada bantuan kapal pembersih enceng gondok dari PLN, dengan demikian akan menyelesaikan permasalahan tanaman air tersebut yang selama ini masih belum bisa terpecahkan.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading