Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Tahun Depan, Pemkab Sangihe Terancam Kembali Raih Opini Disclaimer

Aldy Monareh   |   17 Juli 2012 – 21:36 WITA

Terkait Penempatan Pejabat tak Sesuai Disiplin Ilmu

TAHUNA, (maadotoday.com) – Meski pelantikan pejabat struktural dan fungsional eselon III dan IV di lingkup Pemkab Sangihe telah berlalu, namun berbagai argumen miring dari masyarakat terus mengemuka.

Mereka bahkan menyebutkan, diantara para pejabat yang baru dilantik ternyata tak memenuhi syarat untuk menduduki sebuah jabatan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomo 13 Tahun 2002 tentang pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan struktural.

“Implikasi dari kebijakan pimpinan daerah yang menempatkan pejabat tidak sesuai disiplin ilmu akan berpengaruh pada pola kerjanya termasuk dalam pengelolaan keuangan di instansi yang dipimpinnya sehingga potensi mendapat penilaian disclaimer dari BPK RI untuk pengelolaan keuangan Tahun Anggaran 2012,” ujar Johny Rompas, warga Tahuna kepada manadotoday, Selasa (17/7/2012).

Dia bahkan menyayangkan penepatan sejumlah pejabat yang nota bene tidak sesuai mekanisme sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2002, dimana sebagian besar tidak pernah mengikuti penjenjangan karier melalui Diklat kepemimpinan.

“Saya sempat mendengar pernyataan Wakil Bupati, Jabes Gaghana SE ME ketika menyampaikan sambutan pada acara penutupan Diklat PIM IV di SKB waktu lalu, bahwa jangan harap pejabat yang belum pernah ikut Diklat kepemimpinan akan diangkat menjadi pejabat pada jabatan struktural,” katanya.

Rompas menambahkan, kinerja Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) juga patut dipertanyakan, sebab dinilai tak mampu memberikan pertimbangan kepada Bupati terkait pelantikan pejabat eselon III dan IV yang dinilai amburadul.

Sementara itu, PLt Sekda Sangihe, Drs Maurits Berhandus SH yang juga selaku ketua Tim Baperjakat ketika dikonfirmasi manadotoday, mengatakan bahwa pada saat proses rekruitmen pejabat dirinya tidak berada di tempat.

“Kalau soal itu, tanya saja kepada anggota Baperjakat yang lain, karena pada saat proses penetapan pejabat yang akan dilantik saya tidak berada di tempat,” kelit Berhandus. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading