Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Tahun Ini, Jumlah Konflik di Indonesia Meningkat

Tonny Sumakul   |   26 September 2012 – 08:05 WITA
Biro Pemerintahan Pemprov Sulut

Noudi Tendean

MANADO, (manadotoday.com) – Tahun 2012 ini, jumlah konflik di Indonesia kembali meningkat. Pasalnya, dibandingkan dengan tahun 2011 yang berjumlah 77 kasus, namun sampai pertengahan Agustus tahun 2012, menjadi 89 kasus.

“Jumlah konflik di Indonesia kembali meningkat. Itu terungkap dalam rapat koordinasi nasional seluruh bidang Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta,” ujar Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut, Dr. Noudy Tendean, yang menghadiri pertemuan tersebut.Kata dia, dalam rakornas yang dilaksanakan di hotel Aryaduta Jakarta, disampaikan jika penyebab terjadinya konflik itu, bervariatif. Dimulai dari sengketa akibat Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), kewenangan, lahan, konflik SARA, ormas, institusi pendidikan dan kesenjangan sosial.

Dijelaskannya lagi, pemerintah secara nasional, kini terus berupaya memantapkan stabilitas politik dalam negeri, terlebih menghadapi penyelenggaraan Pemilu Tahun 2014 nanti.

“Rakornas yang dihgelar itu, sebagai persiapan di seluruh daerah dalam menghadapi Pemilu tahun 2014 mendatang,” ungkap Tendean, seraya menambahkan pelaksanaa rakornas itu dihadiri Mendagri Gamawan Fauzi, Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni MH, Dirjen PUM I Made Suwandi, dan Rektor IPDN Dr. I Nyoman Sumaryadi.

Ditambahkannya, dalam rakornas itu lagi diingatkan agar pemerintah wajib mengetahui berbagai respons dan antisipasi atas berbagai kemungkinan dari perkembangan dinamika politik dan demokratisasi di Indonesia. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading