Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Tak Ada SPBE, Pertamina Dianggap tak Siap Lakukan Konversi

Staff Manado Today   |   1 Juni 2011 – 09:22 WITA

Manado Today – Pelaksanaan konversi minyak tanah ke gas, yang saat ini terus dilakukan, oleh masyarakat menilai seharusnya belum bisa dilakukan, mengingat hingga saat ini pihak Pertamina belum menyiapkan berbagai sarana infrastrukturnya, terutama Stasiun Pengisian Bahan bakar Elpiji (SPBE).

Seperti yang dikatakan oleh Jaino Maliki, warga Paal 2 dan Yudi Barik, warga Wawonasa. Menurut keduanya, seharusnya sebelum kompor dan tabung gas elpiji 3kg dibagikan kepada mayarakat, Pertamina sudah harus menyiapkan berbagai sarana infrastruktur pendukung, seperti halnya SPBE, agar supaya saat gas habis, dapat langsung dilakukan isi ulang.

“Sekarang kami bingung. Pasalnya, gas yang ada sudah hampir habis. Sementara tempat untuk pengisian ulangnya tidak ada. Kalau memang belum siap untuk dilakukan koneversi, jangan dulu dilakukan agar supaya tidak terkesan dipaksakan,” ujar Maliki. Tidak hanya itu, kompor gas yang dibagikan oleh Pertamina menurut Barik, terlihat tidak berkualitas.

Sementara itu, kabag Perekonomian Pemkot Manado, Pingkan Sinjal SE MSi saat dimintai tanggapannya kemarin mengatakan, pemkot hanya melakukan pendataan terhadap masyarakat yang dianggap layak untuk menerima pembagian kompor dan tabung gas elpiji 3kg secara gratis oleh pemerintah. Menyangkut pengadaan SPBE menurutnya, merupakan kewenangan dari Pertamina.

“Kami hanya sebatas mendata dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait konversi ini. Selebihnya itu kewenangan Pertamina,” tandas Sinjal

Dikatakannya, untuk kota Manado, mendapat jatah lebih dari 82 ribu tabung gas elpiji, yang saat ini sementara didistribusikan kepada masyarakat. “Sebenarnya tabung dan kompor itu belum bisa dipakai. Kami hanya distribusikan. Tapi kalau memang sudah dipakai oleh masyarakat, ya tidak masalah. Hanya saja memang sampai saat ini Manado belum memiiki SPBE,” tukasnya sembari menambahkan akan melakukan koordinasi dengan Pertamina. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading