Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Tak Kantongi Rekomendasi BLH, Galian C di Bitung Diduga Illegal

Manado Today   |   25 Mei 2011 – 18:40 WITA

Sondakh : Akan Diupayakan Solusi Terbaik

Bitung Today – Akibat hanya memiliki rekomendasi dari Dinas Pertambangan dan Sumber Daya Mineral, hampir seluruh galian C yang ada di Kota Bitung diduga illegal. Hal ini dikatakan Sekertaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bitung Suparida.“Sesuai prosedur, sebelum melakukan aktifitas, seharusnya galian C ada rekomendasi dari BLH, dan BLH akan melakukan kajian lingkungan baru kemudian diterbitkan surat rekomendasi, “ ungkap Suparida, Rabu (25/05/2011).

Prosedur selanjutnya, kata Suparida, selain mangantoni izin BLH, para pengelola juga harus mendapatkan rekomendasi dari Dispenda mengenai pajak.

“Setelah semua berkas rekomendasi, rampung baru kemudian dibawa ke Badan Perijinan Terpadu, untuk mendapatkan ijin pengelolaan pertambangan,” jelas Suparida.

Senada itu juga, Jimmy Lesar Kabid Perijinan Kota Bitung , mengatakan, hingga saat ini, badan perijinan belum menerima adanya pemasukan berkas dari para pengelola pertambangan.

“Hingga saat ini belum ada pengusaha atau pengelola galian C yang memasukkan berkas. Dan kami juga belum pernah mengeluarkan surat ijin pertambangan,” tandas Lesar.

Menanggapi hal ini, Walikota Bitung Hanny Sondakh mengharapkan seluruh pengelola Galian Pasir yang melakukan aktivitas, agar segera mengurus ijin yang dimaksud.

“Akan kita carikan solusi yang terbaik, karena ini juga menyangkut isi perut, yang berimbas pada perekonomian . Tapi yang pasti Pemkot Bitung telah membentuk tim yang bertugas mendata seluruh pemilik tanah, maupun pengelola galian C lainnya,” ujar Sondakh mengharapkan pengelolah galian C bisa koperatif untuk mengurus ijin yang dimaksud. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading