Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Tak Tertib, Pemkab Mitra Diminta Awasi Penjualan MT

Staff Manado Today   |   8 Desember 2011 – 12:05 WITA

Ratahan, MTC – Kondisi psikologis warga yang panik dengan program konversi Minyak Tanah (MT) ke LPG ternyata mengakibatkan jual beli MT di pangkalan masing-masing desa tak lagi tertib. Di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), warga yang membeli pangkalan di suatu desa, bukan lagi warga desa tersebut melainkan datang dari desa lain. Ini menjadi salah satu penyebab kelangkaan MT di desa bersangkutan.
Temuan adanya warga yang membeli MT di pangkalan desa lain, diungkap anggota DPRD Kabupaten Mitra, Vocke Jerry Adelbert Ompi.
“Memang benar bahwa ada warga dari luar yang datang membeli MT di pangkalan sebuah desa, dan ini sepertinya luput dari pengawasan,” katanya.
Selain itu, kata Vocke, juga mulai ada indikasi permainan di tingkat pangkalan yang mengarah pada penimbunan. “Memang perlu diselidiki lebih lanjut, tetapi tanda-tanda mulai terlihat,” katanya. Atas dasar itu, Vocke meminta supaya Pemkab lebih proaktif dalam melakukan pengawasan. Apalagi karena rencana konversi MT ke LPG ditunda hingga 31 Januari 2012 mendatang.
“Harusnya masih seperti biasa, yakni jangan terjadi kelangkaan termasuk juga permainan harga yang mencekik leher. Ini kan masih normal, juga karena ada tambahan pasokan 20 kilo liter untuk Mitra. Pemkab harus serius melakukan pengawasan, jangan sampai masyarakat yang menjadi korban,” tukasnya.
Meski begitu, Vocke menambahkan, masyarakat juga perlu untuk mulai membiasakan diri terhadap penggunaan LPG. “Mau tidak mau program konversi ini harus dijalankan. Kami kira kalau memang pemakaiannya benar, penggunaan LPG dan tabungnya relative akan aman-aman,” pungkasnya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading