Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tak Berkategori

Taman Nasional Nani Wartabone Dilarang Jadi Areal Pertambangan!!!

Redaksi Manado Today   |   23 Februari 2011 – 16:09 WITA

Taman Nasional Nani Wartabone yang berada di Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo, dilarang dialih fungsikan menjadi kawasan pertambangan.
“Taman Nasional Nani Wartabone itu merupakan kawasan hutan lindung yang dilindungi undang-undang. Tidak sembarangan dieksploitasi untuk kegiatan pertambangan,” kata Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Sulut Roy Terok, di Manado, Rabu.

Penolakan untuk dilakukan kegiatan tambang, guna menjawab keinginan pemerintah dan DPRD Provinsi Gorontalo untuk mendatangkan investor mengelolah tambang di perbatasan dua daerah itu.

Lokasi taman nasional seluas 310 ribu hektar itu, kawasan yang menyimpan banyak margasatwa dan benar-benar dilindungi untuk kepentingan lingkungan hidup untuk jangka panjang.

“Kalau sekedar hutan lindung biasa bisa diusulkan ke pemerintah pusat untuk alih fungsi, tetapi kalau Taman Nasional tidak diizinkan Menteri Kehutanan,” jelasnya.

Saat ini pemerintah daerah bersama kantor Balai pengelola Taman Nasional itu, terus berupaya melakukan penghijauan terhadap lokasi hutan yang rusak akibat kondisi alam.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Sun Biki, disela-sela kunjungan ke Sulut mengatakan, pihaknya sementara menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dimana perbatasan dua provinsi itu ada lokasi taman nasional.

“RTRW akan dijelaskan dimana lokasi pertambangan, mengingat ada investor siap menangani pertambangan di kawasan taman nasional atau di perbatasan Sulut dan Gorontalo,” katanya. (ant/dri)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading