Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Nusa Utara

Tambahan DAU-DAK di Tiga Kepulauan Sulut Terus Diperjuangkan

Redaksi Manado Today   |   9 Maret 2011 – 23:03 WITA

Manado Today – Anggota Komisi XI DPR RI, Andi Timo, mengatakan, pemerintah dan DPR sedang memperjuangkan tambahan dana alokasi umum dan dana alokasi khusus untuk daerah kepulauan dan daerah terdepan di Indonesia.

“Daerah kepulauan, daerah perbatasan dan terpencil tidak lagi berkecil hati, karena kita terus memperjuangkan alokasi khusus pada APBN sama dengan daerah daratan,” katanya ketika berkunjung ke Manado, Rabu (9/2/2010).

Seperti di Provinsi Sulut yang memiliki tiga kabupaten kepulauan, yang sebenarnya merupakan garda terdepan pembangunan dan kedaulatan suatu negara.

DPR RI yang bermitra kerja dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah merumuskan formula untuk peningkatan anggaran daerah kepulauan melalui perhitungan dana fiskal yang ada.

“Legislator terus berupaya agar ada pemerataan pembangunan secara seimbang di Indonesia, dengan tidak melihat lagi prioritas pembangunan bagi daerah daratan saja,” kata anggota Fraksi Partai Demokrat itu.

Sebelumnya, tujuh provinsi kepulauan di Indonesia, terus mendesak adanya kajian ulang penghitungan alokasi anggaran DAU-DAK, dengan melihat luas wilayah laut juga.

Tujuh daerah kepulauan itu, yakni Provinsi Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

Sementara itu, Koordinator Gerakan Peduli Rakyat Sulut (GPRS) Taufik Tumbelaka menilai, paradigma pembangunan Indonesia seharusnya memperhatikan kelangsungan pembangunan dan kesejahteraan rakyat di kepulauan dan pesisir.

“Pemerintah harus mengubah semua paradigma arah pembangunan selama ini memperhitungkan luas daratan dan jumlah penduduk, sehingga warga miskin di kepulauan terus bertambah,” jelas lulusan strata dua Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta itu.

Jalan keluar untuk mengedepankan pelayanan yang baik bagi warga miskin di kepulauan, dengan terus menambah infrastruktur pembangunan baik itu sektor perhubungan, kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading