Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Tampi Nilai Rolling Pejabat di Mitra tak Sesuai Kajian Beperjakat

Manado Today   |   15 Maret 2011 – 18:23 WITA

Ratahan Today – Pemerhati pemerintahan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Mouretz Tampi SIP, menilai bahwa pelaksanaan rolling pejabat yang dilakukan oleh Bupati Telly Tjanggulung, tak sesuai dengan kajian Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

“Memang rolling pejabat merupakan hak prerogratif Bupati, namun sebaiknya dilakukan dengan kajian Baperjakat agar tak keluar dari konteks yang semestinya,” kata Tampi kepada manadotoday, Selasa (15/03/2011).

Menurutnya lagi, jika baperjakat dilibatkan dalam rolling, penempatan pejabat ini akan dilakukan dengan mekaisme atau aturan yang berlaku. Sebab, penilaian masyarakat untuk Rolling ini, disinyalir ada Baperjakat bayangan yang masuk dalam pemerintahan kabupaten Pemulihan tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Mitra Drs. Jeremia Damonggilala M.Si,  angkat bicara juga mengenai rolling di Mitra, dimana melalui via sms kepada manadotoday mengatakan, biasanya rolling yang berdasarkan kajian pihak Baperjakat akan melalui beberapa tahapan. Sehingga, keputusan untuk menunjuk seseorang dalam satu jabatan, akan dilakuka dengan tepat.

“Saya tahu saat ini ada beberapa jabatan di Pemkab Mitra dijabat oleh PNS yang pangkat dan golongannya tidak sesuai. Sebab, ada bawahan lebih tinggi pangkat dari atasan,” terang Damongilala.

Lanjutnya mengherankan, ada pejabat yang seharusnya sudah tidak diperbolehkan lagi untuk menjabat suatu jabatan struktural karena sudah direkomendasikan dan mendapat hukuman administrasi (turun pangakat atau dicopot) karena salah dalam pengurusan pengolahan APBD 2009 oleh pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kenyataanya masih juga di pakai untuk menjadi pimpinan di salah satu SKPD.

“Saya merasa berkewajiban untuk memberikan masukan tentang berbagai aturan kepegawaian kepada Bupati agar supaya bisa diakomodir usulan saya ini,“ katanya.

Ia menambahkan, mudah-mudahan kedepan manajemen kepegawaian betul-betul didasarkan pada peraturan-peraturan kepegawaian yang sudah baku, lewat baperjakat dan bukanya hanya berdasarkan Baperjakat bayangan, yang sekarang marak menjamur di pemerintahan Mitra. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading