Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Tangkap Ikan, Warga Sangihe Diminta tak Gunakan Sianida

Redaksi Manado Today   |   10 April 2012 – 19:19 WITA

TAHUNA (Manadotoday.com) – Adanya sejumlah warga di Pulau Sangihe yang menangkap ikan menggunakan racun sianida mendapat reaksi keras pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan Perikanan (DKP).

Kepala DKP Sangihe, Ir F Gaghaube kepada wartawan mengatakan, pihaknya telah mendapat banyak laporan adanya masyarakat yang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan racun sianida di sejumlah wilayah.

Terkait dengan hal itu, Gaghaube meminta kepada serluruh pimpinan wilayah untuk melakukan pengawasan secara ketat sambil mengingatkan kepada seluruh warganya untuk tidak menggunakan racun sianida jika hendak menangkap ikan di sekitar terumbu karang, karena selain merusak habitat yang ada, penggunaan racun sianida terumbu karang akan menjadi rusak.

“Kami minta kepada masyarakat untuk tidak menggunakan racun sianida jika hendak menangkap ikan, karena dampaknya sangat buruk, akan merusak habitas ikan serta terumbu karang yang terkena racun sianida tersebut, selain itu, ikan hasil tangkapan menggunakan racun sianida akan membahayakan kesehatan manusia yang mengkomsumsinya,” ujar Gaghaube.

Olehnya, Gaghaube, meminta kepada seluruh pimpinan wilayah untuk melakukan pengawasan ketat serta melaksanakan sosialisasi kepada warganya tentang bahaya racun sianida terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.
Dikatakannya, Perda Nomor 7 tahun 2011 Tentang perijinan terpadu sangat jelas mengatur pelarangan penangkapan ikan dengan menggunakan racun sianida serta jenis racun lainya. Dia juga mengingatkan bahwa ancaman hukumnya sangat berat bagi siapa saja yang terbukti melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan racun sianida, selain hukuman penjarah dendanya mencapai ratusan juta rupiah. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading