Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Target BPN Tomohon 2012 Terbitkan Seribu Sertifikat

Ardi Kalumata   |   13 Maret 2012 – 11:46 WITA
Jorry Rapar

Kepala Badan Pertanahan Kota Tomohon, Ir Jorry H Rapar

Tomohon, (manadotoday.com)—Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tomohon Ir Jorry H Rapar mengungkapkan, di tahun 2012 ini pihaknya mematok target 1000 bidang tanah yang disertifikasi.
Menurutnya, lewat Sertifikat Program Nasional (Prona), akan banyak pemilik lahan yang akan membuat sertifikat.
‘’Kalau mau dilihat, animo masyarakat untuk membuat sertifikat sangat besar. Kemungkinan dari target seribu ini akan melampaui target di tahun 2012 ini,’’ ungkap putra Kinilow ini.
Lahan yang menjadi sasaran adalah lahan pertanian maupun lahan non pertanian. Sementara yangt menjadi prioritas adalah lahan pekarangan yang menjadi tempat tinggal.
‘’Untuk Prona, pesertanya memang dibatasi pada golongan ekenomi lemah. Kalau yang ekonomi mapan, tentunya harus melewati proses normal dan tak ada subsidi dari pemerintah,’’ jelas Rapar kepada manadotoday.com.
Bagi yang mengurus Sertifikat Prona lanjutnya, hanya membayar administrasi di kelurahan. Sementara dari BPN dibebaskan dari semua biaya. Karena, dari pusat telah memberikan subsidi lewat APBN untuk biaya pengukuran, pemeriksaan lokasi serta penerbitan sertifikat.
Lama pengurusan sertifikat tambahnya, berkisar tiga bulan. Kalau berkas administrasi sudah lengkap, kemudian diumumkan selama dua bulan. Jika tidak ada lagi masalah, bulan ketiga sertifikatnya sudah bisa diambil. ‘’Kalau pembuatan sertifikat non Prona, biayanya berkisar tiga juta rupiah hingga empat juta rupiah,’’ tukas Rapar. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading