Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Target Swasembada Beras Minsel Terancam Gagal

David Masengi   |   13 Agustus 2012 – 20:49 WITA

AMURANG, (manadotoday.com) – Target Swasembada beras kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) untuk Tahun 2012 ini terancam akan gagal. Hal ini dikarenakan ratusan hektar sawah yang ada di beberapa wilayah di Minsel diantaranya di Motoling, Tompaso Baru Ranoyapo dan Tumpaan kondisinya tidak terurus lagi karena sudah kering akibat tidak lagi dialiri air.

”Jika ingin program ini berhasil pemerintah harus secepatnya mengambil tindakan dengan membangun Irigasi agar lahan yang telah kering dapat dialiri air sehingga dapat dimaksimalkan kembali,” terang Hesky Liando warga Amurang.

Disatu sisi Liando juga menilai bahwa program swasembada beras di Minsel saat ini masih sulit tercapai meskipun di beberapa daerah program ini sudah maksimal. Ini dibuktikan masyarakat Minsel masih mengkonsumsi beras luar daerah seperti Kotamobagu dan Sulawesi Tengah.

”Karena itu Pemkab diminta menyikapi permasalahan ini sehingga hasil panen petani dapat di jual di Minsel, yang tentunya dengan menjaga harga jual agar tetap stabil,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Minsel Ir Decky Keintjem mengakui, jika memang saat ini disejumlah wilayah banyak areal persawahan yang sudah tidak lagi dialiri air.

Meskipun begitu Keintjem tetap merasa optimis jika Swasembada beras di Minsel akan tercapai sesuai target.

“Saya optimis target swasembada beras 70 ton produksi padi di Minsel dapat dipenuhi, ini terlihat dari Capaian sekarang sudah 36 ribu ton, dari jumlah keseluruhan target 70 ribu ton untuk target Minsel tahun ini,” ujar Keintjem.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading