Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Target Swasembada Beras Pemkab Minahasa Selatan Terancam Gagal

David Masengi   |   27 Februari 2012 – 11:43 WITA

Amurang, (manadotoday.com) – Target swasembada beras pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) bakal terancam. Hal ini disebabkan karena kurangnya ketersediaan pupuk terutama pupuk jenis Urea, di pasaran sebagai salah satu faktor penunjang hasil produksi beras.
”Kelangkaan pupuk sudah sering disampaikan ke pemerintah namun anehnya pemerintah terkesan cuek menanggapi bahkan tidak mensupport hal ini. Sementara petani dituntut untuk meningkatkan hasil produksi,” ujar steady Lumenta salah satu petani Minsel.
Kelangkaan pupuk ini membuktikan ketidakseriusan pemerintah dalam mensukseskan program swasembada beras, karena disatu sisi pemerintah menuntut agar peningkatan produksi beras sementara disisi lain pemerintah tidak sanggup menyediakan pupuk.
”Jelas saja 70 ribu ton panen gabah kering dan hasil holtikultura seperti Jagung dan hasil perkebunan lain, tidak akan terealisasi jika kondisi seperti ini,” ujarnya.
Diungkapkannya bila kondisi ini terus berlanjut, pihaknya akan mengalami kerugian karena produksi tanaman pasti menurun dan tidak mampu menutup biaya produksi.
”Kami harap pemerintah bisa memperhatikan kondisi ini, jangan hanya diam sementara disatu sisi menuntut petani meningkatkan produksi,” pungkasnya. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading