Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Tarian Kabasaran dan Lomba Menumbuk Padi Bakal Hentak Kota Manado

Staff Manado Today   |   6 Juli 2011 – 20:29 WITA

Festival Budaya Dalam Rangka Hut Bank Sulut

Manado Today – Festival Budaya dalam rangka HUT Bank Sulut ke-50 bakal dimeriahkan dengan hajatan akbar yakni lomba tarian kabasaran atau cakalele dan menumbuk padi. Hal itu dikatakan Ketua Panitia Drs Hengky Dotulong yang juga merupakan ketua LSM Gerbang Sulut kepada sejumlah wartawan.

“Sulut memiliki ragam budaya namun tidak digarap dan dipromosikan. Contohnya tarian kabesaran atau cakalele dan lainnya. Makanya, dalam rangkaian hut bank sulut ke 50 digelar festival budaya,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya, kegiatan ini merupakan ide yang brilian dari seorang SHS, yang selalu menegaskan agar syukuran HUT dirayakan dengan menggelar berbagai lomba yang positif dan bisa bermanfaat bagi daerah ini. Bank Sulut menjadi sponsor utama dalam kegiatan ini karena merupakan syukuran atas HUT Bank Sulut yang ke-50.

Lebih jauh dikatakan Dotulong, dalam Festival Budaya yang akan digelar Sabtu (09/07/2011) mengambil tempat di Lapangan Sparta Tikala. Kegiatannya, antara lain festival seni tari kabasaran (cakalele) se-Sulut lomba menumbuk padi, lomba kupas kelapa, lomba cukur kelapa, serta lomba tarik tambang.

Ditambahkannya, festival budaya ini diharapkan bisa menjadi event tahunan yang bisa memarik wisatawan untuk datang ke daerah ini. Apalagi, Kota Manado memiliki program Kota Model Ekowisata, tentunya dengan kegiatan ini bisa mendukung program dari kota Manado.

“Kegiatan ini pasti akan melibatkan ribuan orang, sehingga mari dukung dan sukseskan kegiatan ini,” ujar Dotulong seraya menambahkan dalam 4 lomba ini akan diikuti oleh 1158 peserta. Kegiatan ini juga akan diamankan oleh pihak kepolisian dan TNI-AD serta seluruh masyarakat Sulut.

”Yang paling spektakuler, rencananya kegiatan ini akan kita laksanakan serentak selama 4 jam dengan 90 juri,”kuncinya. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading