Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Tomohon

Tarman: Media Harus Diawasi Agar Tidak Fulgar

Staff Manado Today   |   20 April 2011 – 16:42 WITA

Tomohon Today – Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Drs Tarman Azzam MSc menegaskan, media harus diawasi agar dalam memberitakan sesuatu tidak terlalu fulgar.

Foto : Tarman Azzam menyerahkan buku kepada Jimmy F Eman

Foto : Tarman Azzam menyerahkan buku kepada Jimmy F Eman.

Yang harus mengawasi media katanya adalah masyarakat. Sebab menurutnya, tidak semua fakta yang terjadi harus ditulis oleh wartawan. Hal ini dikatakan Tarman yang juga Pemimpin Redaksi Harian Terbit Jakarta saat memberikan materi pada kegiatan Forum Pengembangan Literasi Media Sebagai Penguatan Publik dalam Rangka Sadar Media yang dilaksanakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Tomohon dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Kegiatan yang dilaksanakan di Bukit Doa Kakaskasen I Tomohon Utara Rabu (20/4) tersebut dihadiri para insan pers LSM, akademisi, aktifis serta pejabat di lingkup Pemkot Tomohon.

‘’Media boleh menulis apa saja, namun harus memperhatikan kode etik serta kepentingan publik. Jika tidak sesuai dengan kepentingan public dan telah meresahkan, di sinilah peran masyarakat untuk melakukan pengawasan,’’ kata Tarman. Selain Tarman, pembawa materi lainnya adalah Azimah Subagijo dari Komisi Penyiaran Indonesia dan Henry Subiakto, Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dam Media Massa.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan, sebagai mitra pemerintah, pers tentunya harus bersinergy dengan pemerintah dan masyarakat tanpa mengesampingkan azas idealisme.

‘’Kegiatan ini sangat bagus. Karena melalui forum ini, akan diketahui bagaimana peran media dalam masyarakat,’’ tukas Eman.

Kadis Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Tomohon Dra Lilly Solang dalam laporannya mengatakan, dengan kegiatan tersebut, diharapkan bisa mempererat sinergitas antara media dengan pemerintah maupun masyarakat dengan memperhatikan aturan serta kode etik.

‘’Sebagai mitra, tentunya media akan sangat membantu dalam pemerintahan dan pembangunan di satu daerah. Jadi, perlu ada sinergitas,’’ katanya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading