Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Tatanude Sebut Dikpora Bitung Berikan Data Fiktif

Manado Today   |   14 Juli 2011 – 18:09 WITA

Beber Sejumlah Temuan Hasil Tinjauan Lapangan Komisi A

Bitung Today – Salah satu personil Komisi A DPRD Bitung, Victor Tatanude menilai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bitung, disinyalir telah melakukan manipulasi data terkait sejumlah proyek pembangunan yang bersumber pada Dana Alokasi Khusus (DAK) Dikpora tahun 2010. Pasalnya, data diberikan mereka ke Komisi A DPRD Kota Bitung, berbanding terbalik dengan kondisi bangunan hasil temuan Komisi A setelah malakukan tinjauan lapangan.

“Data yang diberikan Dikpora Bitung fiktif, karena realisasi fisik dan keuangan per 31 Desember sudah mencapai 100 persen, sementara kondisi di lapangan dari hasil amatan kasat mata Komisi A kemungkinan baru mencapai 70 persen. Ini yang harus dipertanyakan,” ungkapnya.

Tatanude kemudian mencontohkan, hasil tinjauan lapangan Komisi A pada Kamis (14/7/2011), proyek pembangunan perustakaan di SD Inpres 12/179 Batu Putih dengan PAGU anggaran Rp. 71.909.000, data yang diberikan Dikpora Bitung, realisasi Pembangunan dan Keuangan per 31 Desember 2010 telah mencapai 100 persen. Sementara dari hasil temuan Komisi A kondisi di lapangan sangat kontradiktif karena realisasinya diperkirakan baru mencapai 70 persen.

“Seharusnya sesuai mekanisme, relaisasi anggaran 100 persen nanti akan diberikan setelah pembangunan benar-benar selesai,” ujar Tatnude.

Bukan itu saja pada hari yang sama ketika melakukan peninjauan proyek pembangunan Perpustakaan di SMP 6 Sagerat senilai Rp, 139.930.000, ditemukan berbagai kejanggalan dalam proyek tersebut diantaranya bangunan fisik yang diperkirakan baru 80%, dindingnya belum diplester, dan pengerjaan bangunan hanya merupakan pekerjaan lanjutan karena dibangun dilantai dua sekolah tersebut, padahal sesuai data pembangunan perpustakaan tersebut harus dibangun baru dan realisasi pembangunan serta Keuangan juga telah mencapai 100 persen per tanggal 31 Desember 2010.

“Hasil temuan, akan dirapatkan di Internal Komisi A, dan selanjutnya akan diagendakan hearing dengan Dikpora Bitung pecan depan. Dan jika nantinya ditemukan telah terjadi penyimpangan tentunya Komisi A akan merekomendasikan kepada aparat hukum untuk melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah proyek DAK 2010 Dikpora,” tukas tatanude menambahkan Jumat (15/07/2011) besok, Komisi A juga akan melakukan tinjauan lapangan di sejumlah proyek pembangunan DAK Diknas 2010 yang berbandrol Rp 7 Milliar untuk 28 Paket, disejumlah SD dan SMP yang kecipratan dana tersebut. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading