Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Tomohon

Tekan Angka Kematian, Jampersal Jamin Ibu-Ibu Hamil

Staff Manado Today   |   7 April 2011 – 09:39 WITA

Tomohon Today – Terobosan terus dilakukan Pemerintah Kota Tomohon di tahun 2011 ini. Di bidang kesehatan, selain ada Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), di April ini akan ada juga program baru yakni Jaminan Persalinan (Jampersal).

Foto : Juliana Dolvin Karwur MKes MSi

Foto : Juliana Dolvin Karwur MKes MSi

Program ini akan menjamin para ibu hamil mulai dari masa kehamilan hingga persalinan. Jadi, mulai hamil hingga bersalin akan dibiayai Negara.

‘’Ya, program ini untuk menekan angka kematian ibu, bayi serta Balita,’’ ungkap Kadis Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial (Dinskessos) Kota Tomohon Juliana Dolvin Karwur MKes MSi kepada manadotoday.

Mekanisme Jampersal itu sendiri lanjut Karwur, perawatannya dan kontrol di Puskesmas, Posyandu, Poskesdes, dan Puskesmas Pembantu (Pustu).

‘’Perkembangan akan dilihat dari perawatannya, apakah akan dirujuk ke Rumah Sakit (RS) atau tidak untuk proses persalinan. Nah, jika dalam kehamilan tak ada masalah, bisa saja persalinan hanya akan dilakukan di Puskesmas. Jika akan dirujuk ke rumah sakit, harus ada rekomendasi dari Puskesmas setempat,’’ jelasnya seraya menambahkan tinggal menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan dan akan dibuat MoU bagi RS yang akan ditunjuk,” kuncinya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading