Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Tenggara

Temuan Penggunaan Anggaran di Mitra Tembus Rp 119 M

Redaksi Manado Today   |   22 Februari 2011 – 21:10 WITA

Hasil dibenarkan Wabub Damongilala

Ratahan Today- Cukup fantastis temuan Inspektorat Kabupaten Minahasa Tenggaran (Mitra), terhadap pengelolaan keuangan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) Mitra selang 2010 silam, yang jumlahnya mencapai Rp 119 Miliar.

Bahkan berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum manadotoday, angka tersebut belum mencakup pemeriksaan pada Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) yang belum bersedia diperiksa inspektorat.

Sumber juga mengungkapkan, laporan hasil pemeriksaan inspektorat yang memunculkan angka temuan Rp 119 miliar, telah dikantongi Wakil Bupati Mitra, Drs Jeremia Damongilala MSi, yang oleh karena jabatannya memiliki kewenangan melakukan pengawasan internal, menindaklanjuti setiap temuan dan laporan, serta memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana amanat UU Nomor 12 Tahun 2008.
Dikesempatan terpisah Wakil Bupati Jeremia Damongilala (JD), kepada manadotoday membenarkan angka temuan tersebut. “Sesuai laporan inspektorat berdasarkan hasil pemeriksaan reguler I bulan Januari hingga Juni serta regular II Juli hingga Desember, temuan pengelolaan keuangan mencapai angka Rp 119 miliar, di luar Dinas PPKAD yang belum diperiksa,” ujarnya.
Selanjutnya Damongilala menulis dalam pesan singkatnya, SKPD yang paling besar temuannya adalah Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang total temuan pengelolaan keuangannya pada 2010 mencapai Rp 69 miliar, dan sisanya Rp 50 miliar tersebar hampir merata di semua SKPD, yang ada di lingkup Pemkab Mitra.

Temuan pengelolaan keuangan yang mencapai Rp 119 miliar ini,  jauh lebih besar dibanding apa yang ditemukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2009 lalu yang tercatat Rp 27 miliar. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading