Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Tenaga kerja dan Transmigrasi Harus Jadi Sektor Unggulan

Staff Manado Today   |   3 Mei 2011 – 22:21 WITA

Manado Today – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan tenaga kerja dan transmigrasi harus jadi sektor unggulan.“Sektor tenaga kerja dan transmigrasi belum seperti pekerjaan umum, padahal sektor ini mememiliki posisi strategis dan menjadi harapan nasional, karena itu sudah saatnya menjadikannya sebagai sektor unggulan atau leading sektor,” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Manado, Selasa.

Menteri mengatakan itu saat membuka forum komunikasi pembinaan pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi (P2MKT) dan hubungan industri se Indonesia Timur di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Guna menjadikan sektor tenaga kerja dan transmigrasi menjadi unggulan, kata Muhaimin, maka Kemenakertrans sudah merangkai program hingga tahun 2012 yang pada intinya ingin membangun sektor ini lebih baik ke depan.

“Tantangan tidak ringan, tetapi berbagai program ketransmigrasian dan ketenagakerjaan sudah disusun, sebagai upaya bersama menjadi program pembangunan nasional,” kata Muhaimin.

Anggaran sektor ini, kata Muhaimin, akan terus ditingkatkan, setiap tahun akan didorong agar bertambah tujuh hingga 10 persen, dengan demikian secara bertahap berbagai program pemberdayaan bisa dilakukan.

Muhaimin mengatakan, Kemenakertrans punya dua agen utama yang menjadi perhatian utama yakni mengurangi jumlah pengangguran dan tanggung jawab meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan pekerja.

“Kondisi ketenagakerjaan harus terus menerus diperbaiki, salah satunya melalui peningkatan hubungan industrial yang harmonis, dan program kesejahteraan melalui Jamsostek,” kata Muhaimin.

Pembinaan hubungan industrial, kata Muhaimin, merupakan faktor yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembangunan ketenagakerjaan, karena kondisi yang harmonis berpengaruh pula pada peningkatan produktivitas dan kesejahteraan pekerjaan atau buruh serta menjadi daya tarik investor asing.

Salah satu instrumen dalam pembinaan hubungan industrial, kata Muhaimin, yakni pembuatan perjanjian kerja bersama (PKB) khususnya bagi perusahaan yang telah memiliki serikat pekerja/serikat buruh.

Sedangkan mengenai transmigrasi, kata Muhaimin, akan terus dilanjutkan, karena program ini mampu melahirkan daerah kecamatan hingga kabupaten baru yang tingkat perekonomiannya makin meningkat.

“Program transmigrasi akan dilakukan revitalisasi atau penyesuaian diri dari sisi lokasi cara penangangan dan prioritas,” kata Muhaimin.

Wakil Gubernur Sulut, Djauhari Kansil dalam kesempatan tersebut menjelaskan tentang posisi Sulut yang berada di jalur perdagangan dunia strategis yang perlu didukung.

Hadir dalam acara pembukaan P2MKT dan hubungan industri, Direktur Utama Jamsostek, Hotbonar Sinaga, dan sejumlah dirjen di jajaran Kemenakertrans RI.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading