Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Manado

Tenaga Kesehatan Di Kota Manado Masih Kurang

Redaksi Manado Today   |   17 Juli 2010 – 02:51 WITA

Cawawali Kota Manado Richard Sualang

Manado Today – Calon Wakil Walikota Manado Dr. Richard Sualang menilai, jumlah tenaga kesehatan yang berada di tiap-tiap Puskesmas, baik Puskesmas induk maupun Puskesmas Pembantu (Pustu) di kota Manado masih jauh dari harapan.

Hal itu diperparah pula dengan fasilitas yang tidak memadai. Oleh karenanya sangat sulit untuk membentuk sumber daya manusia di kota Manado yang berdaya saing kuat. Penilaian tersebut disampaikan Sualang, disela-sela pertemuan dengan elemen masyarakat Talaud yang ada di Manado, Jumat (16/07/2010)
Menurut Sualang, berdasarkan hasil pantauannya di puskesmas pembantu di pulau Bunaken, didapati tidak adanya tenaga kesehatan seperti dokter yang bertugas di tempat itu. Padahal seperti diketahui jarak wilayah tersebut sangat jauh dari kota Manado. Oleh karenanya penangan kesehatan secara cepat dan tepat tidak akan dirasakan oleh warga di daerah tersebut. Di satu sisi, warga Bunaken yang mayoritas mata pencaharian hidupnya adalah nelayan dengan tingkat pendapat yang sangat pas-pasan sangat berharap mendapat pelayanan kesehatan yang baik.
“Seharusnya pada wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan kota Manado mendapatkan perhatian yang lebih terkait masalah pelayanan kesehatan. Ini untuk memudahkan mereka, sehingga tidak perlu harus ke Manado untuk berobat, sehingga bisa cepat mendapat penanganan yang maksimal”, ungkap Sualang, di tengah-tengah warga Sangihe-Talaud yang sangat merindukan lulusan dari Fakultas Kedokteran – UNSRAT ini menjadi wakil walikota Manado mendampingi Marhany Pua.
Lebih jauh Sualang mengatakan, salah satu faktor penyebab dari kurangnya tenaga kesehatan di tiap-tiap puskesmas, dikarenakan peluang bagi para tenaga kesehatan untuk berkiprah tidak terlalu besar. Ia menncontohkan, pada penjaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lalu, jatah untuk posisi tenaga kesehatan sangat terbatas. Padahal begitu banyak lulusan terbaik dari fakultas kedokteran di kota Manado.
Di sisi lain Sualang juga menyinggung tentang retribusi yang ditarik dari para pengunjung puskesmas. “Mengapa mereka harus ditarik retribusi ? kata Sualang lagi, seraya melayangkan pertanyaan kepada warga Sangihe-Talaud yang begitu serius mendengarkan penjelasan calon wakil walikota nomor urut 9 ini.
Untuk itu Sualang mengatakan, penambahan jumlah tenaga kesehata, peningkatan fasilitas kesehatan, dan menghapus segala bentuk retribusi yang memberatkan warga kota Manado akan menjadi prioritas bila terpilih kelak. Menurutnya, warga kota Manado saat ini sudah terlalu banyak dipersulit. “Pemerintah jangan hanya berpikir bagaimana menarik pendapat asli daerah sebesar-besarnya, tapi harus juga melihat kondisi warga kota Manado”, tegas Sualang sembari mengakhiri penyampaiannya.
Sementara itu, pada pertemuan tersebut warga Talaud terlebih khusus para mahasiswa-mahasiswi yang tengah mengenyam pendidikan di kota Manado akan mendukung pasangan nomor urut 9Marhany Pua-Richard Sualang menjadi walikota dan wakil walikota Manado. (mei/*)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading