Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Tendean: Penetapan Batas Bitung – Minut Berdasarkan Permendagri Nomor 1 Tahun 2006

Tonny Sumakul   |   30 Agustus 2012 – 17:53 WITA

Terkait Adanya Penolakan Keputusan Penetapan Tapal Batas

batas wilayah Bitung Minut

Penetapan batas wilayah Bitung Minut beberapa waktu lalu, yang disaksikan Dirjen PUM Kemendagri Dr. Made Suwandi, M.Soc,Sc, Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, Bupati Minut Drs. Sompie Singal

MANADO, (manadotoday.com) – Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulawesi Utara Dr. Noudy Tendean SIP, M.Si, menegaskan, keputusan penetapan batas wilayah Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 2006, tentang Pedoman penegasan Batas Daerah pada dasarnya Pemerintah Provinsi berfungsi memfasilitasi penyelesaian Batas Kabupaten/Kota.

“Penetapan tapal batas itu, dilakukan sesuai Permendagri Nomor 1 Tahun 2006. Artinya, keputusan penegasan batas Bitung – Minut itu, bukan semata-mata keputusan sepihak Pemerintah Provinsi,” tegas Tendean, menjawab adalanya penolakan dan permintaan peninjauan kembali terkait penetapan batas wilayah Bitung – Minut.

Dijelaskannya, secara formal Pemkab Minut dan Pemkot Bitung, menyerahkan penyelesaian batas wilayah tersebut kepada Pemprov Sulut. Namun, sesuai instruksi Gubernur Dr. S.H. Sarundajang, penetapan keputusan tersebut harus mengedepankan peran fasilitasi dan melakukan negosiasi dengan kedua pihak.

“Pertemuan terakhir dilakukan di awal Juli 2012, dan telah ditemukan titik kompromi. Kemudian, hasil ini difasilitasi Pemprov dengan menuangkannya dalam bentuk Konsep Dokumen Keputusan penegasan Batas, yang sudah disepakati bersama,” jelasnya.

Disampaikannya lagi, sebelum dokumen itu ditandatangani Pemkab Minut dan Pemkot Bitung, dikomunikasikan terlebih dahulu untuk persetujuannnya.

“Jadi, respons penolakan dari masyarakat itu wajar namun pada dasarnya harus ada kejelasan soal batas wilayah,” ungkap Tendean.

Ditemui terpisah, Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, menjelaskan, jika dalam is kesepatakan penegasan penetapan batas wilaya Bitung – Minut, diminta untuk disosialisasikan oleh masing-masing pemerintahahnya ke masing-masing masyarakatnya.

“Jadi, Pemkab Minut dan Pemkot Bitung, harus lebih intens melakukan sosialisasi dan komunikasi untuk penetapan batas wilayah itu ke masyarakatnya, sambil mencari solusi terbaik guna menjaga stabilitas di daerah batas wilayah kedua daerah,” tukasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading