Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Hukum dan Kriminal

Terbukti Bawa Narkoba, WNA Asal Amerika Terancam Dibui 10 Tahun

Aldy Monareh   |   18 Agustus 2012 – 08:42 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Barang bukti (Babuk) milik HD Alias Douglas (50) Warga Colorado Amerika yang dibekuk Satuan Narkoba Polres Bitung, di Pub Hollywood Aertembaga Bitung, beberapa hari lalu terbukti positif setelah melalui pemeriksaan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sulut.

”Babuk berupa 32 butir pil positif jenis psikotropika dan 1/2 lintingan terbukti ganja,” terang Kasat Narkoba AKP Venty Kawulur, kepada manadotoday.

Lanjut dia, turis yang berprofesi sebagai Forografer bawa laut ini, akan di proses di Bitung. Dan jika terbukti bersalah tentunya akan menjalani hukuman di Bitung.

”Karena TKP di Bitung, maka proses hukumnya juga di Bitung. Dan jika terbukti bersalah pria Amerika ini diancam dengan hukuman minimal 4 tahun maksimal 10 tahun sesuai pasal yang kita kenakan yakni pasal 112 UU Nomor 35 tentang Narkotika ” terangnya.

Saat ini kata mantan Kapolsek Ranowulu ini, WNA asal Colorado itu masih sementara menjalani proses pemeriksaan di Mapolres Bitung.

”Kami juga telah melakukan pemeriksaan Kesehatan kepada WNA tersebut, untuk memastikan kondisi fisiknya karena yang bersangkutan terlihat stres dan Depresi akibat kejadian ini.Dan dari hasil pemeriksaan tensi darah 120/90, suhu badan 46x/menit, sakit kepala, tidak bisa berpikir alias stres, sakit perut, mual-mual, sakit tulang belakang dan rasa panas dingin,” terangnya.

Ia juga menyatakan bahwa untuk kelancaran pemeriksaan pihaknya akan melakukan kontak dengan duta besar Amerika di Indonesia.

”Sebab keberadaan Douglas di Indonesia juga tidak lepas dari tanggung jawab kedutaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Edwin Wilar pengacara tersangka, menyatakan saat ini kondisi klienny dalam keadaan baik. Namun yang jadi kendala kata Wilar kiennya kesulitan menghubungi keluarga korban di Hawai Amerika.

”Klien saya sudah menghubungi keluarganya lewat email,” katanya.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya akan berupaya menghubungi kedutaan Amerika, untuk menyampaikan masalah ini.

”Kita akan berupaya, tapi tentunya harus melalu prosedur;” ujarnya.

Pada dasarnya ditambahkan Wilar, kliennya sangat menghormati proses hukum yang sementara berlangsung .

”Kami juga sangat apresiasi dengan penyidik Polres Bitung yang menjunjung tinggi asas prduga tak bersalah dan Hak Asasi Manusia (HAM),” tutupnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading