Iklan Layanan Inspirasi
Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Nusa Utara

Gorontalo

Utama » Manado

Terlambat Laporkan Peristiwa Kelahiran, Denda Rp 1 Juta

Aldi Mawitjere   |   7 Januari 2012 – 10:25 WITA

Manado, MTC — Dinas Catatan Sipil (Discapil) Kota Manado, akan mengamanahkan undang-undang 23 Tahun 2006. Dimana peristiwa kelahiran harus dilaporkan secepat mungkin untuk mendapatkan akte kelahiran secara gratis.
“Batas waktu pelaporan 60 hari sesudah peristiwa kelahiran, karena kalau tidak, berdasarkan aturan jika melewati batas waktu yang ditentukan, harus ada izin dari kepala dinas,” ujar Richard Linelejan Kabid Pendaftaran dan Pencatatan kepada wartawan. Menurutnya, Discapil masih memberikan toleransi sampai 31 Januari 2012.
“Ini semua untuk tertib kependudukan dan untuk warga manado karena jika aturan ini sudah resmi berlaku, warga sendiri yang rugi,” jelasnya.
Jika lewat dari batas waktu yang ditentukan untuk penerbitan akte, akan didenda Rp 1 Juta. Dan jika lewat 1 tahun, harus ada penetapan dari pengadilan.
“Kalau harus mengunggu penetapan dari pengadilan, tentunya biaya dan waktu yang akan terkuras bukanlah sedikit,” katanya.
Untuk itu, Linelejan menghimbau kepada masyarakat yang belum mengurus akte kelahiran sebelum batas waktu yang ditetapkan, agar segera mungkin mendatangi kantor Discapil Manado.
“Bagi mereka yang belum melaporkan peristiwa kelahiran agar segera mengurusnya,” pungkas Linelejan.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading