Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Terminal Kayu di Bitung Masih Butuh 2 Milliar Untuk Beroperasi

Aldy Monareh   |   14 September 2011 – 17:14 WITA

Sakul : Jika Diketuk APBD-P 2011, Terminal Kayu Segera Action

Bitung Today – Belum dioperasikannya terminal Kayu di Bitung, yang merupakan proyek APBN 2010, ternyata masih membutuhkan anggaran 2 Milliar agar segera beroperasi.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Bitung Jorry Sakul.

”Terminal Kayu masih butuh biaya 2 Milliar untuk pengoperasiannya. Dimana untuk pembuatan akses jalan masuk ke lokasi sepanjang 100 meter dan lebar 19 meter, pagar keliling, serta paving block di areal terminal,” terang Sakul.

Lanjut dikatakan Sakul, tambahan anggaran yang diperlukan untuk menunjang pengoperasian Terminal Kayu, telah diusulkan ke DPRD dan Pemkot Bitung, diharapkan terealisasi di APBD-P 2011.

”Jika anggaran yang diusulkan, diketuk di APBD-P, maka Terminal Kayu akan segera action. Namun jika tidak kita masih akan menunggu di anggarkan pada APBD 2012,” harap Sakul.

Lanjut Sakul, dikawatirkan seluruh perlatan dan mesin yang dibeli dengan harga Milliaran Rupiah akan berkarat atau rusak jika tidak di fungsikan, dan pastinya akan menambah biaya maintenance (pemeliharaan) yang besar pula.

”Kami berharap ini akan terelaisasi pada APBD-P 2011, karena sayang terminal kayu akan mubasir jika belum dioperasikan. Padahal tenaga kerja yang siap pakai dan akan diterjunkan sudah siap karena sudah sejak tahun lalu di training,” pungkasnya.

Sekedar informasi dari data yang dirangkum manadotoday, pembangunan Terminal Kayu ini berasal dari Dana APBN 2010 dengan anggaran hampir 13 Milliar Rupiah, termasuk pengadaan peralatan diantaranya Sawmill (mesin pemotong kayu), Boiller Killen Dryer (mesin pengering kayu), genset 40m KVA dan Genset 100 KVA (bisa menyuplai listrik satu kecamatan), pembangunan kantor dan lainnya.

Sementara alokasi APBD Kota Bitung, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 4 Milliar dengan perincian APBD 2009 Rp 1 M, APBD 2010 Rp 2 M, dan pada APBD 2011 Rp 1 M.Total Keseluruhan anggaran yang telah digunakan pada Terminal Kayu ini, dana APBN ditambah APBD Kota Bitung diperkirakan sudah mencapai hampir 17 Milliar. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading