Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Tiga Juta Rupiah Tarif Pasang Baru Listrik PLN di Gorontalo

Redaksi Manado Today   |   17 April 2011 – 10:29 WITA

Gorontalo Today – Puluhan warga di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, meminta Perusahaan Listrik Negara cabang Gorontalo memberikan kejelasan mengenai tarif biaya pemasangan listrik 2011.

Pasalnya sebanyak 30 kepala keluarga yang ada di Desa Bulalo sudah membayar biaya pemasangan listrik ke salah seorang karyawan yang mengaku dari CV Septiadi, mitra PLN dalam melakukan pasang baru listrik.
Rahmat Hasan salah seorang warga mengatakan dirinya dimintakan biaya Rp2 juta untuk memasang listrik 450 watt, dan Rp3 juta untuk pemasangan listrik 900 watt.
“Tarifnya tidak jelas, tolong tanyakan ke pimpinan PLN, apa benar biaya pasang listrik bisa semahal itu,” kata Rahmat.
Para warga ini juga terpaksa harus membayar karena apabila tidak mereka kembali harus menjalani malam dengan gelap gulita tanpa pasokan listrik.
Halim Pakaya warga desa lainnya juga mengeluhkan biaya pemasangan listrik yang mahal. Menurutnya belum adanya sosialisasi harga pemasangan listrik membuat dirnya dan para warga mempertanyakan biaya pemasangan listrik yang sangat mahal tersebut.
Apalagi hingga saat ini, rumah warga yang sudah membayar biaya pasang listrik sebesar Rp3 juta hanya baru dipasang kabel-kabel saja.Sementara meteran listriknya belum terpasang.
“Sudah hampir satu minggu kami membayar biayanya. Tapi sampai sekarang belum juga ada listriknya,” kata Halim Pakaya.
Sementara itu , Asisten Manajer Distribusi Perusahaan Listrik Negara Cabang Gorontalo, Yayan Gobel saat dikonfirmasi mengaku bahwa biaya pasang listrik di Gorontalo hanya dikenakan biaya Rp387 ribu untuk pemasangan 450 watt, dan Rp675 ribu untuk pemasangan 900 watt.
“Kalau harganya mencapai Rp3 juta, itu bisa jadi karena menggunakan pihak ketiga, yang tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia,” kata Yayan.
Pihaknya juga akan menelusuri apakah yang terjadi di Desa Bulalo itu merupakan calo listrik atau benar-benar pihak ketiga yang tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia.
Sebelumnya Pemberlakuan tarif pemasangan ini sudah dibahas oleh pansus kelistrikan yang di bentuk oleh DPRD Provinsi gorontalo dan telah disahkan lewat peraturan gubernur.
Pemberlakukan tarif baru yang sudah disepakati yaitu untuk pemasangan 450 VA hanya sebesar Rp1,687 juta, 900 VA Rp2,401 juta untuk 1.300 VA sebesar Rp2,701 dan 22.200 sebesar Rp3,376 juta. (ant/jwt)

Rp 3 Juta Untuk Pasang Baru Listrik PLN di GorontaloGorontalo Today – Puluhan warga di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, meminta Perusahaan Listrik Negara cabang Gorontalo memberikan kejelasan mengenai tarif biaya pemasangan listrik 2011.Pasalnya sebanyak 30 kepala keluarga yang ada di Desa Bulalo sudah membayar biaya pemasangan listrik ke salah seorang karyawan yang mengaku dari CV Septiadi, mitra PLN dalam melakukan pasang baru listrik.Rahmat Hasan salah seorang warga mengatakan dirinya dimintakan biaya Rp2 juta untuk memasang listrik 450 watt, dan Rp3 juta untuk pemasangan listrik 900 watt.”Tarifnya tidak jelas, tolong tanyakan ke pimpinan PLN, apa benar biaya pasang listrik bisa semahal itu,” kata Rahmat.Para warga ini juga terpaksa harus membayar karena apabila tidak mereka kembali harus menjalani malam dengan gelap gulita tanpa pasokan listrik.Halim Pakaya warga desa lainnya juga mengeluhkan biaya pemasangan listrik yang mahal. Menurutnya belum adanya sosialisasi harga pemasangan listrik membuat dirnya dan para warga mempertanyakan biaya pemasangan listrik yang sangat mahal tersebut.Apalagi hingga saat ini, rumah warga yang sudah membayar biaya pasang listrik sebesar Rp3 juta hanya baru dipasang kabel-kabel saja.Sementara meteran listriknya belum terpasang.”Sudah hampir satu minggu kami membayar biayanya. Tapi sampai sekarang belum juga ada listriknya,” kata Halim Pakaya.Sementara itu , Asisten Manajer Distribusi Perusahaan Listrik Negara Cabang Gorontalo, Yayan Gobel saat dikonfirmasi mengaku bahwa biaya pasang listrik di Gorontalo hanya dikenakan biaya Rp387 ribu untuk pemasangan 450 watt, dan Rp675 ribu untuk pemasangan 900 watt.”Kalau harganya mencapai Rp3 juta, itu bisa jadi karena menggunakan pihak ketiga, yang tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia,” kata Yayan.Pihaknya juga akan menelusuri apakah yang terjadi di Desa Bulalo itu merupakan calo listrik atau benar-benar pihak ketiga yang tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia.Sebelumnya Pemberlakuan tarif pemasangan ini sudah dibahas oleh pansus kelistrikan yang di bentuk oleh DPRD Provinsi gorontalo dan telah disahkan lewat peraturan gubernur.Pemberlakukan tarif baru yang sudah disepakati yaitu untuk pemasangan 450 VA hanya sebesar Rp1,687 juta, 900 VA Rp2,401 juta untuk 1.300 VA sebesar Rp2,701 dan 22.200 sebesar Rp3,376 juta. (ant/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading