Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Politik

Tiga Pasangan Calon Gubernur Bentuk Tim Advokasi

Redaksi Manado Today   |   14 Agustus 2010 – 12:42 WITA

Manado Today – Tiga pasangan calon Gubernur RML- HP, SVR-MMS, E2L-HW sepakat membentuk tim advokasi yang bertujuan untuk melakukan legal action. Pasalnya Pemilukada yang baru usai dinilai banyak kekurangan dan terindikasi banyak kecurangan yang dilakukan secara terstruktur dan sistematik.

” Pemilukada yang baru saja selesai di gelar tidak berdasarkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,seperti UU No.32 yang dirubah dengan UU No.12,menyangkut pokok pokok pemerintahan daerah,yang di mulai dengan tahapan sampai pada hari pencoblosan,” Ujar Notji Karamaoy tim advokasi dari RML-HP. Ditambahkan Karamoy bahwa dibentuknya tim advokasi ini dikarenakan indikasi kecurangan yang terjadi pada pelaksanaan pemilukada bersifat sistemik dan tersruktur.
” Indikasi kecurangan tersebut yang memicu kami untuk melayangkan gugatan ke Mahkamah Konsitusi, sehingga berita acara pleno penetapan calon terpilih tidak kami tandatangani meskipun telah ditawari untk menandatangani berita acara, karena jika ditandatangani maka kami tidak akan lagi mengajukan gugatan ke MK,” urai Karamoy.
Senada dengan Kramoy,Erick Mingkid Advokasi E2L-HW, menilai bahwa dari temuan-temuan,telah terjadi pelanggaran yang terindikasi mengarah pada kecurangan yang dilakukan secara sistematik dan terstruktur,yang dimainkan untuk memenangkan salah satu calon.
” Secara kasat mata,kita tidak dapat melihat kecurangan yang dilakukan,karena ada grand skenario yang telah dimainkan untuk pasangan calon tertentu,” kata Mingkid.
Diuraikannya,bahwa indikasi pelanggaran yang terjadi bukan hanya pelanggaran perdata,tetapi juga pelanggaran pidana dan administrasi negara jika dikaitkan dengan pasal 13 dan pasal 65 KUHAP Perdata, dan ini merupakan kompilasi hukum untuk proses penegakan hukum.
” Kami bertindak bukan hanya atas nama kandidat,tetapi juga atas nama rakyat Sulut,yang hak demokrasinya telah dikebiri sehingga telah mencederai kehidupan demokrasi,” urainya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

  • kawanua mengatakan:

    yah….begini ini kalo nintau malo….besar hati jo kalah…ya kalah….

  • Manado Boy mengatakan:

    Stuju sx kawanua…ini panyaki orang yg nda jujur, so tau2 kalah masih ja bapaksa le..eh tuan2 penggugat..ini samua so jalan2 Tuhan, kalo Tuhan so berkehendak biar le ngoni mo putar bale tetap gubernur terpilih SHS..trima jo dgn jiwa basar…rakyat mau ketenangan supaya SULUT boleh lanjut membangun spy akan lebe maju dari makassar…ok?

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading