Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Tim Clearing House Kemenlu Sambangi Pemprov Sulut

Tonny Sumakul   |   26 Juni 2012 – 17:12 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Sebanyak 18 anggota Tim Clearing House Kementrian Luar Negeri RI, dibawa pimpinan Abas Basori, mengunjungi Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (26/6).

Kunjungan untuk membahas berbagai permasalahan keamanan luar negeri, khususnya terkait dengan Sulut, diterima Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs Mecky M. Onibala, Msi.

Di sela-sela pertemuan itu, Onibala kemudian menjelaskan tentang gambaran umum Sulut, diantaranya, sebagai daerah yang sangat strategis untuk perdagangan dunia, karena terletak di tepian pasifik.

“Sulut jaranknya dekat dengan beberapa pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Sementara aspek administrasi pemerintahan, Sulut memiliki 15 daearh otonomi dengan jumlah penduduk keseluruhan mencapai 2 juta jiwa,” terang Onibala.

Lanjutnya menyapaikan, di sisi kemasyarakatan, Sulut dikenal dengan daerah yang majemuk, baik dari sisi etnis, religi, budaya dan adat istiadat.

“Sulut dikenal dengan masyarakatnya yang rukun, saling menghargai dan menghormati,” tandas Onibala.

Ia menambahkan, untuk kebijakan pembangunan di daerah ini, yang. menjadi prime mover adalah untuk sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata.

Dalam pertemuan itu, dilanjutkan dengan dialog antara Pemprov Sulut dan tim clearing house Kemenlu. Menjadi pembahasan juga, yakni upaya  pengawasan warga asing serta LSM asing di Sulut. Selain itu, dibahas juga terkiat pemantapan komitmen dan koordinasi, untuk pengamanan permasalahan imigran ilegal, dan bagaimana solusi menghadapi masalah itu.

Hadir juga dalam pertemuan itu yakni Kepala BIN Sulut Brigjen Supangkat, perawakilan Danlantamal VII, Korem 131 santiago, Polda Sulut dan Kaban Kesbangpol Sulut Hj G Lapadengan, juga sejumlah pihak terkait lainnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading