Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Tim Indonesia Mengajar : Pendidikan di Sangihe “Bermasalah”

Redaksi Manado Today   |   22 Juni 2012 – 08:36 WITA

TAHUNA, (manadotoday.com) – Setelah setahun melaksanakan aktifitas mengajar di seluruh pelosok kepulauan dan desa terpencil di Kabupaten Sangihe, tim Indonesia Mengajar (IM), mendapati berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan di daerah ini terkait adanya tenaga guru yang dinilai enggan menjadi pendidik di wilalayah terpencil serta di pulau terluar.

Delapan personil IM yang telah mengakhiri masa tugas mereka di Sangihe, mengungkapkan hal tersebut kepada sejumlah wartawan di Tahuna, Kamis (21/6).

“Kami mendapati adanya penumpukan tenaga guru di sejumlah Kecamatan, sehingga tenaga pendidik yang berada di wilayah terpencil dan kampung kepulauan sangat minim. Ini adalah sebuah permasalahan yang sangat serius bagi dunia pendidikan di Kabupaten Sangihe,” ujar kedelapan personil IM kepada wartawan.

Mereka berharap, Pemerintah daerah melalui instansi teknisnya dalam hal ini Dikpora, untuk segera melakukan evaluasi sekaligus penertiban bagi para guru yang enggan mengajar di tempat terpencil, sehingga kualitas pendidikan bagi para siswa yang berada di wilayah terpencil akan mengalami peningkatan.

Hal yang patut mendapat perhatian serius pemerintah daerah, adalah adanya tenaga guru yang dalam sehari harus mengajar empat mata pelajaran kepada siswa dalam kelas berbeda karena minimnya tenaga pengajar.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sangihe, Dra M Makapia tak menampik apa yang dikemukakan oleh tim IM tersebut.

“Apa yang dikemukakan oleh tim Indonesia mengajar itu adalah benar. Memang dari data yang ada, telah terjadi menumpukan tenaga guru di sejumlah Kecamatan. Hal itu dikarenakan, adanya sejumlah oknum guru yang enggan mengabdi di tempat terpencil serta wilayah kepulauan,” ujar Makapia.

Ditambahkannya, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dikpora untuk mencari solusi sekaligus evaluasi dalam penyelesaikan persoalan dunia pendidikan di daerah ini. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading