Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Tinggi, Penularan Penyakit Malaria di Sulut

Tonny Sumakul   |   9 April 2012 – 12:00 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menyatakan, bahwa penularan penyakit malaria di daerah ini, masih cukup tinggi.

Tinggi, Penularan Penyakit Malaria di Sulut

Gubernur Sulawesi Utara, Dr. S.H. Sarundajang

“Dibandingkan dengan penyakit menular lainnya, malaria termasuk salah satu jenis penyakit yang cukup tinggi penularannya di daerah ini,” ujar Sarundajang.

Menurut gubernur pilihan pertama rakyat Sulut itu, malaria adalah penyakit klasik yang terus mengancam manusia.

“Di Indonesia sendiri, 80 persen Kabupaten/Kota masuk kategori endemis malaria yang menghawatirkan,” ungkapnya.

Kata dia, di Sulut juga ada beberapa Kabupaten/Kota yang tingkat penularan penyakit malaria, masih cukup tinggi. Seperti untuk tiga Kabupaten Kepulauan (Sangihe, Talaud dan Sitaro), juga Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

“Resiko penularan malaria yang tinggi di daerah-daerah itu, karena bertempat tinggal di daerah pesisir pantai dan lingkungan kotor,” tandasnya.

Sarundajang menambahkan, pihaknya mengharapkan kerjasama pemerintah Kabupaten/Kota, untuk lebih bekerja keras guna mengatasi penyakit malaria itu.

“Kita harus bekerjasama dalam menangani penyebaran malaria di daerah ini. Saya targetkan tahun 2020 Sulut sudah  bisa bebas dari malaria, juga termasuk demam berdarah,” tegas Sarundajang.

Diketahui, Sarundajang belum lama ini mengajukan permohonan kepada Kementerian Kesehatan RI, untuk membangun Malaria Center di daerah ini, terlebih bagi daerah-daerah yang rawan akan penularan penyakit malaria itu. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading