Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Tingginya minat jadi PNS pertanda gagalnya pemerintah

Redaksi Manado Today   |   24 Mei 2011 – 23:59 WITA

Gorontalo Today – Tingginya minat masyarakat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), merupakan pertanda gagalnya pemerintah, dalam menyediakan lapangan pekerjaan di bidang lain yang lebih menjanjikan.

Hal tersebut dikemukakan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI utusan Provinsi Gorontalo, Elnino M.Hussein Mohi, Selasa sore. ” Banyak mental masyarakat yang ikut rusak hanya karena ingin menjadi PNS,” kata dia.

Menurut dia, hal ini bisa dilihat dengan masih melekatnya budaya suap atau sogok di tengah birokrasi penerimaan CPNS, yang terus berlangsung dari tahun ke tahun. ” Saya kerap menerima langsung laporan ini dari masyarakat,” kata dia.

Dia mengatakan, semestinya pemerintah Indonesia mencontoh negara China, yang berhasil membangkitkan perekonomiannya di bidang Industri. “Indonesia punya banyak potensi yang bisa digerakkan, seperti di bidang pertanian,” Kata Elnino.

Sebelumnya, Elnino sempat mengusulkan agar istilah PNS diganti dengan Pelayan Rakyat Indonesia (PRI).

Perubahan nama itu itu menurutnya penting, karena istilah PNS juga turut menciptakan mental birokrasi yang terkesan jauh atau berjarak denga masyarakat. ” Tentu bukan namanya saja yang berubah, namun harus diikuti oleh perundang-undangan,” kata dia. Sayangnya, ungkap dia, usulan itu tidak diterima di kalangan DPD sendiri. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading