Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Tingkat Kelulusan Capai 99 Persen, Pemkot Manado Bangga

Staff Manado Today   |   17 Mei 2011 – 21:45 WITA

Manado Today – Pemerintah Kota Manado, mengaku bangga atas tingkat kelulusan Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan sederajat tahun 2011 yang mencapai 99,89 persen.“Kelulusan tahun ini sangat baik, naik dibandingkan sebelumnya dan semua merupakan hasil kerja keras seluruh pihak,” kata Asisten III Sekretaris Daerah Kota Manado, Cosmas Wongkar, di Manado, Selasa.

Wongkar mengatakan kelulusan ini menjadi tanda semakin baiknya kualitas pendidikan di Manado, sehingga patut diberikan acungan jempol, dan berharap hal ini akan semakin ditingkatkan lagi.

“Tahun depan kalau bisa sampai seratus persen, supaya benar-benar semua siswa yang sekolah itu punya ijazah SMA sederajat,” katanya.

Ia menegaskan kelulusan ini merupakan suatu kebanggaan dan patut disyukuri, dan yang belum berhasil agar akan memanfaatkan kesempatan mengikuti ujian untuk paket C agar tetap bisa punya ijazah SMA sederajat.

Kepala dinas pendidikan Manado, Jopy Suwu mengatakan kelulusan siswa SMA dan SMK 2011, naik dibandingkan tahun sebelumnya baik secara kualitas maupun kuantitas ini merupakan hasil dari perbaikan sistem kelulusan yang mulai diberlakukan tahun ini.

“Angka ini merupakan hasil kerjasama semua pihak, baik pemerintah, sekolah termasuk siswa dan guru serta masyarakat yakni para orang tua yang sudah memberikan dukungan penuh agar ujian bisa terlaksana dengan baik,” kata Suwu.

Naiknya angka kelulusan Manado 2011 ini, kata Suwu, menjadi pertanda yang baik, sebab dengan demikian Manado akan semakin diperhitungkan dan prestasi di tingkat nasional bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan, sebab tahun lalu, Manado masuk tiga besar nasional. Ia berharap para siswa yang lulus itu jika dari sekolah kejuruan bisa memanfaatkan keahlian teknis mereka untuk mandiri dan menjadi tenaga kerja yang profesional, sedangkan yang SMA atau umum, bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kepala SMK Negeri I Manado, Olvin Tanos, mengakui tahun ini semua siswanya yang ikut ujian lulus, dan ia berharap mereka bisa memanfaatkan ilmu yang didapat untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuan yang diperoleh selama bersekolah.

Salah satu siswa SMA yang lulus bernama Jessica, mengakui ini hasil terbaik dari perjuangan mereka selama tiga tahun. Dia mengaku bangga, sebab jerih payahnya tidak sia-sia selama tiga tahun belajar.  (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading