Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Tingkatkan Perekonomian, Sulut Optimalkan Budidaya Air Tawar

Staff Manado Today   |   3 Mei 2011 – 22:02 WITA

Manado Today – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan mengoptimalkan perikanan budidaya air tawar dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi perikanan dan kelautan diarahkan pada optimalisasi perikanan air tawar seperti ikan nila, mujair, ikan mas,” kata Wakil Gubernur Sulut, Djouhari Kansil, di Manado, Selasa.

Djouhari mengatakan, potensi perikanan air tawar selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Sulut dan daerah lainnya di Indonesia juga untuk memenuhi permintaan ekspor.

“Permintaan ikan air tawar dari beberapa negara cukup baik, hanya saja produksi perikanan kita belum mampu memenuhi, karena itu perlu didorong dengan mengoptimalkan budidaya,” kata Djouhari.

Budidaya air tawar, kata Djouhari, merupakan salah satu target yang akan terus dikembangkan pada tahun ini. Selain karena potensi pasar terbuka lebar, daerah ini memiliki lokasi cukup banyak untuk pengembangan perikanan air tawar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, Joy Korah mengatakan, perikanan air tawar tersebar hampir merata di kabupaten/kota yang ada di Sulut.

“Semua kabupaten/kota yang ada di Sulut potensial untuk pengembangan perikanan air tawar, karena itu selain bantuan melalui pemerintah provinsi Sulut diharapkan juga kabupaten/kota menyediakan alokasi anggaran,” kata Joy.

Joy mengatakan, bila produksi ikan air tawar ini mampu ditingkatkan, akan memberi kesejahteraan kepada masyarakat khususnya para petani, dan pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah ini terus meningkat.

Konsumsi ikan air tawar oleh masyarakat Sulut, kata Joy, terlihat pada semakin banyaknya restoran dan rumah makan khusus yang menyajikan air tawar sebagai menu utama.

“Menu air tawar seperti mujair, nila dan emas, menjadi andalan beberapa restoran di daerah ini, dan pertumbuhannya menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun,” kata Joy.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading