Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Tipis Peluang Pemekaran Kota Amurang, Minsela Berpeluang

Staff Manado Today   |   19 Juli 2011 – 09:41 WITA

Amurang Today – Wacana pemekaran Kota Amurang memiliki pemerintahan defintif terkesan sulit tercapai, mengingat beberapa kriteria pemekaran seperti ketersediaan sarana infrastuktur yang memadai seperti jalan belum terlihat.

“Lihat saja jalan utama di Amurang hanya jalur trans Sulawesi saja yang memadai. Sedangakan tercapainya kota Amurang dilihat dari akses jalan utama harus memiliki beberapa jalan seperti Kota Tomohon yang memiliki akses jalan cukup banyak,” ujar Hezky Liando warga Amurang kepada manadotoday Selasa (19/7/2011).

Selanjutnya Liando mengungkapkan, kendala lain adalah kebijakan pembangunan pemerintah yang terkesan tumpang tindih, seperti pembangunan di sekitaran jalur trans sulawesi sudah berjalan baru ditetapkan perda-nya.

Selain itu kata Liando, kebijakan ini sangat bertolak belakang dengan perda tata ruang yang sebenarnya, dimana wilayah Tumpaan-Amurang-Tenga (Turangga) sebagai wilayah tumbuh cepat sudah dijadikan lokasi perkantoran.

“Sebaiknya lokasi perkantoran seperti kantor bupati, dewan, Polres dan Kejaksaan seharusnya dilokasi agak kedalam untuk dapat membuka akses jalan dan listrik,” tegas Liando.

Lanjutnya, Masalah disini pembangunan sudah berjalan baru tetapkan perda tata ruang. Perda tata ruang itu harus direview karena Amurang akan semakin ketinggalan dibanding Boroko. “ Jika saja investasi pemerintah tidak berada ruas jalur trans sulawesi maka akan membuat peluang dipinggiran kawasan Amurang, Tumpaan dan sekitarnya lebih bertumbuh lagi pembangunan yang ada didekat lokasi tersebut,” jelasnya.

Disisi lain, pemekaran Minahasa Selatan Atas (Minsela) menurut Liando sangat berpeluang untuk dimekarkan. Dimana potensi yang ada didaerah tersebut cukup memadai. Selain itu kekayaan alamnya juga melimpah. Apa terlebih infrastruktur jalan dapat terbuka. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading